Bangunan Modern Ramah Lingkungan, Anies Berharap Kampung Gembira Gembrong jadi Percontohan

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 08:27 WIB
loading...
Bangunan Modern Ramah Lingkungan, Anies Berharap Kampung Gembira Gembrong jadi Percontohan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan 138 unit rumah di Kampung Gembira Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2022).Foto/Pemprov DKI/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan 138 unit rumah di Kampung Gembira Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2022). Anies berharap Kampung Gembira Gembrong menjadi percontohan dan pembelajaran bagi kampung lain di Indonesia.

Pembangunan Kampung Gembira Gembrong menelan anggaran Rp7,8 miliar kolaborasi antara Baznas-Bazis DKI, BUMD DKI, dan sejumlah perusahaan swasta. Kampung Gembira Gembrong dibangun dengan nilai estetik, bangunannya modern, dan berkonsep ramah lingkungan.

“Ini adalah contoh kampung di mana bangunannya ditata untuk sehat, dengan masing-masing ada rongga udara mengalir, sehingga suasananya sejuk dan tiap rumah mendapatkan udara yang segar dan yang tinggal sehat. Rancangannya warna-warni yang menggambarkan Gembira Gembrong,” ujar Anies dalam keterangannya dikutip, Sabtu (8/10/2022).

Anies menuturkan, Kampung Gembira Gembrong mengusung konsep zero run off atau terdapat 16 sumur resapan sebagai penampung air hujan. Baca: Selesai Dibangun, 138 Rumah di Kampung Gembira Gembrong Diresmikan Anies

“Aliran air (dari hujan) di tempat ini tak dialirkan ke luar, tetapi disiapkan sumur resapan, sehingga tak menyumbang air keluar. Semuanya dimasukkan ke dalam tanah dengan 16 sumur resapan, bukan hanya estetik, tapi modern secara konsep dan ramah lingkungan pengelolaan airnya,” tuturnya.

Anies mengundang kepada seluruh pakar dan perencana tata ruang untuk menjadikan Kampung Gembira Gembrong sebagai rujukan.

“Ini adalah water front kampung atau kampung yang menghadap sungai. Saya ingin mengundang kepada para pakar perancang wilayah datang ke tempat ini, jadikan tempat ini sebagai pembelajaran untuk tempat lain di manapun juga,” pungkasnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)