Progres Pembangunan Ruang Limpah Sungai di Jakarta Baru 70 Persen

Kamis, 06 Oktober 2022 - 12:21 WIB
loading...
Progres Pembangunan Ruang Limpah Sungai di Jakarta Baru 70 Persen
Pemprov DKI menyebutkan progres pembangunan ruang limpah sungai di Jakarta capai 70 persen. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 3 ruang limpah sungai di Jakarta guna mengendalikan air. Meski begitu, progres pembangunan ruang limpah sungai itu masih di tahap 70 persen dan pembangunanya terus dikebut hingga kini.

”Kalau ditanya progresnya, ini kontraknya dari 4 November tahun lalu sampai akhir Desember 2022 ini, secara total itu rata-rata 70 persen, tapi ada bagian-bagian yang sudah kita selesaikan,” ujar Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Yusmada Faizal, Kamis (6/10/2022).

Menurutnya, di Ruang Limpah Sungai Brigif Jagakarsa, terdiri dari 2 bagian, yakni Brigif Atas dan Brigif Bawah. Adapun Brigif Atas sudah bisa dioptimalkan, sedangkan Brigif Bawah bisa mulai optimal pada bulan Desember 2022 mendatang.

”Kita berharap pendekatan-pendekatan ini akan terus berlanjut ke depan, supaya kita mengelola air hujan, terutama hujan-hujan ekstrem kita tampung, kita tahan supaya tak langsung menuju sungai,” tuturnya.



Yusmada menambahkan, ruang limpah sungai itu merupakan proyek dari pembangunan 9 Polder, 4 Waduk atau Ruang Limpah Sungai, dan 2 revitalisasi sungai besar. Baca juga: Anies: Ruang Limpah Sungai Jadi Konsep Baru Pengendalian Air di Jakarta

Adapun 9 Polder itu tersebar di Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat, seperti Polder Kamal, Polder Kepapa Gading, Kali Betik, Pulomas, dan Muara Angke.

”9 polder itu dalam bentuk menampung air terus kita pemompaan, lalu 4 ruang limpah sungai ini, (3 di antaranya) Pondok Rangon, Brigif (Jagakarsa), dan Lebak Bulus. Lalu, 2 adalah peningkatan kapasitas sungai kali besar, Ciliwung-Pasar Baru,” katanya.

Adapun Waduk atau Ruang Limpah Brigif Jagakarsa, yang menjadi lokasi peresmian 4 ruang limpah sungai itu memilik luas 10 hektare totalnya. Terdiri dari 3,3 hektare Brigif Atas dan 6,7 hektare Brigif Bawah, yang bisa menampung 308.000 meter kubik air.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3935 seconds (11.252#12.26)