Konser Baca Jakarta di Taman Literasi, Sekda Marullah: Membaca Bisa Jadi Kegiatan Alternatif Menyenangkan

Jum'at, 30 September 2022 - 19:50 WIB
loading...
Konser Baca Jakarta di Taman Literasi, Sekda Marullah: Membaca Bisa Jadi Kegiatan Alternatif Menyenangkan
Sekda DKI Jakarta Marullah Matali mewakili Gubernur Anies Baswedan menghadiri Konser Baca Jakarta 3 di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022) sore. Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI menggelar Konser Baca Jakarta 3 yang berlangsung di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022) sore. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali hadir mewakili Gubernur Anies Baswedan.

Dalam sambutannya Marullah menyampaikan bahwa membaca dapat membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas, menambah ilmu, meningkatkan keterampilan bahasa, dan kemampuan berpikir.

Baca juga: Ada 5.248 Penerbit Buku, Anies: Jakarta Kota Literasi

Tentunya, membaca menjadi lebih seru dengan diselenggarakannya Konser Baca Jakarta ini, yang bertujuan untuk meningkatkan budaya gemar membaca di masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh peserta, baik anak-anak dan keluarga, sebagai pendamping yang telah berpartisipasi dalam Baca Jakarta Tahun 2022," kata Marullah.

"Membaca dapat menjadi satu kegiatan alternatif yang bermanfaat dan menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Orang tua mendampingi anak dalam berliterasi, baik membaca maupun menuliskan serta mengekspresikan apa yang mereka baca dari buku yang mereka sukai," lanjut Marullah.

Marullah berharap Konser Baca Jakarta 2022 dapat meningkatkan budaya gemar membaca masyarakat. Sebab, membaca buku memiliki banyak manfaat bagi kehidupan.

Baca juga: Kemenkominfo Gelar Kickoff Literasi Digital Tingkat SMK di DKI Jakarta

"Saya berharap kegiatan membaca ini tidak berhenti dengan berakhirnya Baca Jakarta 2022, namun tetap dapat dilanjutkan bersama keluarga. Sehingga, membaca dapat menjadi budaya yang melekat di masyarakat," ujarnya.

Baca Jakarta merupakan sebuah upaya meningkatkan minat baca generasi muda di Ibu Kota. Bergerak sejak 2019, partisipasi masyarakat dalam tantangan membaca 30 hari bersama keluarga di rumah jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem membaca berkelanjutan yang terbangun melalui sebuah kebiasaan. Baca Jakarta tahun 2019 dilaksanakan di 143 titik ruang baca, serta diikuti oleh 3.551 peserta anak dan 928 relawan.

Pada tahun 2020, Baca Jakarta tidak dapat dilaksanakan karena terjadi pandemi Covid-19. Tahun 2021, sebagai adaptasi akibat pandemi COVID-19, Baca Jakarta dilaksanakan secara daring melalui website.

Seluruh masyarakat dapat mengikuti tantangan membaca dari rumah masing-masing sebagai peserta anak maupun pendamping.

Pada pelaksanaannya, terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam mengikuti tantangan Baca Jakarta pada tahun 2021. Jumlah peserta mencapai 30.058 orang, terdiri dari 15.022 peserta anak dan 14.310 pendamping yang berasal dari Jakarta, serta 377 peserta anak dan 349 pendamping yang berasal dari luar Jakarta.

Tahun 2022, pascapandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta kembali melakukan inovasi dengan menyelenggarakan Konser Baca Jakarta sepanjang tahun.

Ini adalah sebuah upaya untuk menyediakan kegiatan literasi berkelanjutan agar semangat masyarakat dalam membudayakan gemar membaca dapat terus menyala.

Pada tahun ini, telah dilaksanakan Baca Jakarta pada triwulan satu, dua, dan tiga. Partisipasi masyarakat pun semakin meningkat yaitu 71.719 peserta pada triwulan satu, 72.105 peserta pada triwulan dua, dan 117.219 peserta pada triwulan III.

Selanjutnya, Baca Jakarta akan kembali dilaksanakan pada triwulan empat Oktober mendatang. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta telah menyediakan apresiasi untuk seluruh peserta Baca Jakarta yaitu berupa e-sertifikat bagi peserta anak dan pendamping.

Bagi peserta anak terpilih yang berhasil menyelesaikan tantangan membaca selama 30 hari penuh, juga disediakan goodiebag. Selain itu, para peserta terpilih juga akan memperoleh tiket masuk Ancol serta Ocean Dream Samudera persembahan PT Bank DKI dan PT Pembangunan Jaya Ancol.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2469 seconds (10.101#12.26)