Cegah Penyakit Pneumonia, 3.600 Anak Depok Divaksin PCV

Sabtu, 17 September 2022 - 10:15 WIB
loading...
Cegah Penyakit Pneumonia, 3.600 Anak Depok Divaksin PCV
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati. Foto/Dok SINDOnews
A A A
DEPOK - Sebanyak 3.600 anak di Kota Depok akan mendapatkan vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV). Vaksinasi dilakukan secara gratis oleh Dinas Kesehatan Kota Depok.

”Jumlah sasaran ini sesuai dengan usia bayi yang menerima imunisasi PCV pada usia 2 bulan,” kata Kadinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Sabtu (17/9/2022). Baca juga: UI Kembangkan Alat Pendeteksi Pneumonia Berbasis AI

Dasar diberikan vaksin PCV dengan pertimbangan tingginya beban penyakit Pneumonia. Selain itu, ada studi di Lombok sebagai baseline data serta rekomendasi dari WHO dan ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization).

Serta tersedianya vaksin yang aman dan efektif maka telah dilaksanakannya Program Demonstrasi imunisasi PCV sejak tahun 2017 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “Pemberian vaksin tersebut diperluas ke kota/kabupaten lain di Indonesia,” ujarnya.



Untuk Kota Depok sudah dimulai sejak pekan ini. Vaksinasi dilakukan di sejumlah tempat. Misalnya, Posyandu, Puskesmas dan pos vaksin lain. Baca juga: Duh! 2500 Balita Meninggal Setiap Hari Akibat Pneumonia

“Untuk di Kota Depok mulai dilaksanakan pada 12 September 2022 secara gratis melalui Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan atau pos vaksin lainnya yang sudah ditunjuk, dan masih berlangsung hingga kini,” pungkasnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1631 seconds (10.177#12.26)