Datang dengan Gowes Bareng-bareng, Anies Resmikan Kota Tua Bebas Emisi

Sabtu, 10 September 2022 - 20:50 WIB
loading...
Datang dengan Gowes Bareng-bareng, Anies Resmikan Kota Tua Bebas Emisi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan sepeda dengan rombongan ke Kota Tua, Jakarta Barat. Foto: MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTAA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan sepeda ke Kota Tua , Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (10/9/2022). Anies meresmikan Kota Tua sekaligus melakukan Groundbreaking CP202 MRT Jakarta.

Ada hal unik yang dilakukan Anies saat ingin meresmikan kawasan Batavia itu. Dari pantauan MNC Portal di lapangan, Anies tiba di lokasi peresmian Plaza Beos bersama rombongan dengan menggowes sepeda. Baca juga: Kota Tua Terus Dipercantik, Anies: Jadikan Magnet bagi Wisatawan Dunia

Setibanya di Plaza Beos, Anies disambut warga yang ingin berswafoto. Lepas meladeni warga, ia langsung mengikuti rangkaian acara peresmian tersebut.

Dalam sambutannya, Anies berkata, kawasan Kota Tua merupakan tempat penuh sejarah. Namun, kata Anies, datang ke kawasan Batavia dapat merasakan sensasi masa depan.

"Masa depan kota modern, ditempatkan di kawasan paling tua di kota ini. Apa itu, masyarakat modern sebuah kota. Masyarakat yang andalkan transportasi umum, masyarakat yang menjalankan mobilitas bebas emisi, karena itu di tempat ini dibangun fasilitas untuk sepeda, untuk kendaraan bebas emisi, untuk pejalan kaki di antara gedung-gedung bersejarah," terang Anies.

Kendati demikian, Anies berharap, ke depan akan bertambah lagi tempat seperti Kota Tua Jakarta. Pasalnya, kawasan Batavia dapat melihat kesetaraan hingga merasakan ruang ketiga untuk berkegiatan.



"Dengan kawasan ini diubah kawaaan low emision zone, dan warga bisa berjalan leluasa, maka harapannya tempat ini bisa menjadi lebih ramah, tempat ini lebih bersahabat," terang Anies.

"Kami percaya apa yang kami lakukan akan lebih banyak lagi apakah restoran, hotel yang akan bermunculan. Karena apa? Karena mereka bisa merasakan suasana baru," tandas Anies.

Seperti diketahui, program revitalisasi Kota Tua di kawasan Jakarta Barat dan Utara telah menghabiskan biaya sebesar Rp102 miliar. Dalam program itu, revitalisasi meliputi jalur pedestrian beserta fasilitas umum.

Dinas Bina Marga menata jalur pedestrian Kota Tua sepanjang 2.110 meter atau lebih dari dua km. Lebar plasa antara 11 meter hingga 27 meter. Sedangkan lebar trotoar antara dua meter hingga lima meter. Kondisi ini tentu memanjakan para pejalan kaki.

Dengan wajah baru, transportasi umum Kota Tua kini juga telah terintegrasi KRL Commuter Line hingga Bus Transjakarta. Dengan begitu, pengunjung dapat mudah mengakses Kota Tua Jakarta. Baca juga: Revitalisasi Jalur Pedestrian Kota Tua Bakal Diresmikan Anies Sore Ini

Adapun kawaaan Kota Tua yang direvitalisasi ialah pengendalian banjir di kanal Museum Bahari, penataan kali besar timur, penataan kawasan pedestrian jalan lada dan Plaza Beos, pembangunan Kampung Susun Kunir, Kampung Susun Tongkol, dan Kampung Akuarium.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2430 seconds (10.101#12.26)