alexametrics

Jelang Dibuka, Polisi Cek Protokol Kesehatan di Gereja Katedral

loading...
Jelang Dibuka, Polisi Cek Protokol Kesehatan di Gereja Katedral
Kapolsek Sawah Besar Kompol Eliantoro Jalmaf melakukan pengecekan protokol kesehatan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Foto: Komaruddin Bagja Arjawinangun/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Polisi melakukan pengecekan protokol kesehatan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Beberapa yang dicek antara lain soal ketersediaan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh hingga akses keluar masuk gereja.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Eliantoro Jalmaf mengatakan pengurus Gereja Katedral sudah memasang dan menerapkam protokol kesehatan yang baik.

"Sesuai anjuran pemerintah sudah mereka menggunakan. Ada tempat cuci tangan. Filter umat ada tiga tahapan sebelum masuk bangunan gereja," kata Eliantoro di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2020).

Dia menambahkan, sebelum masuk bangunan gereja, akan ada pemeriksaan suhu tubuh dan umat wajib menggunakan hand sinitizer. (Baca juga: Belasan Buruh di Bekasi Jadi Klaster Baru Covid-19)



"Pintu masuk gereja bakal ada dua. Sementara nanti pintu keluar hanya ada satu. Ini untuk mencegah penumpukan umat. Kalau Katedral sudah baik. Protokol kesehatan di sana cukup bagus dan rapih," tambah dia.

Rencananya,kata dia, nantia Gereja Katolik berusia ratusan tahun itu bakal dibuka pada 5 Juli 2020. Dia menjelaskan, dari rencana pengurus gereja, jam ibadah nantinya hanya sekali, yakni Minggu pukul 09.00 WIB. "Mereka inginnya dibuka bareng Masjid Istiqlal. Ini baru rencana," jelas Eliantoro.



Sementara, gereja berkapasitas 800 umat ini hanya bisa diisi setengahnya. "Skenarionya, umat yang belum bisa beribadah didalam, disediakan melalui online melalui live streaming," ungkap Eliantoro.

Eliantoro meminta semua tempat ibadah untuk melakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan setelah ibadah. "Kami bakal lakukan pemantauan terhadap kedisiplinan umat seperti tak berkerumun dan selalu gunakan masker," tutup Eliantoro.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak