Buka Pameran Foto Ruang Ketiga Jakarta, Anies: Perjalanan Jadi Pengalaman

Senin, 05 September 2022 - 05:53 WIB
loading...
Buka Pameran Foto Ruang Ketiga Jakarta, Anies: Perjalanan Jadi Pengalaman
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka pameran foto Transformasi Ruang-ruang Ketiga Jakarta di Aula Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu 4 September 2022. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membuka pameran foto “Transformasi Ruang-ruang Ketiga Jakarta” di Aula Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Taman Ismail Marzuki ( TIM ), Cikini, Jakarta Pusat, Minggu 4 September 2022. Acara ini digelar oleh Jakarta Creator Content Community (JCC Community) bersama sejumlah komunitas kreator konten seperti Potopotokota, Geonusantara, Kalong Bekasi, dan Video Maker Indonesia (VMI).

“Kita bersyukur sekali ada sebuah komunitas yang mempertemukan para creator konten, saling bertukar gagasan, saling belajar, memberikan sudut pandang. Para creator konten berhasil memanfaatkan menjadi karya visual yang mengagumkan,” kata Anies.

Anies menjelaskan, kota yang kita miliki adalah kota yang memberikan pengalaman, bukan sekadar kota tempat mencari penghidupan yang lebih baik. Karena itu, kata dia, kota ini memiliki kehidupan yang harus dijadikan pengalaman.

“Mengapa pembangunan ruang ketiga dilakukan secara serius, agar warga kota ketika beraktivitas menjalani perpindahan dari ruang pertama dan kedua, bisa menikmati ruang ketiga secara setara, dan saling mempersatukan. Jadi perjalanan menjadi pengalaman,” katanya.

Anies menjelaskan, mata kreator konten itu unik dan bisa melihat sudut padang secara kreatif yang tak semua orang bisa lihat. “Di tangan mereka, kota menjadi luar biasa, bisa memunculkan perspektif baru,” ujarnya.

Karena itu, orang nomor satu di DKI Jakarta ini berharap, agar para creator konten menjadikan kota ini sebagai kanvas kosong. “Kita izinkan siapa saja untuk menorehkan lukisan di atasnya. Silakan, jadikan Jakarta sebagai tempat kreatif,” serunya.

Anies juga mengimbau, agar pengunjung pameran ini bisa melihat setiap suduk kota. Kemudian, jadikan itu sebagai inspirasi untuk melihat Jakarta saat ini.

“Saya mengajak warga Jakarta untuk hadir dan berkunjung ke pameran foto ini supaya melihat dari dekat dan menjadikan sebagai inspirasi untuk melihat Jakarta dalam perspektif yang lain. Setiap kita adalah fotografer, yang bisa membuat konten,” katanya.



Pameran foto ini menampilkan 131 foto ruang ketiga Jakarta dalam lima tahun terakhir. Ada pula 20 foto Jakarta tempoe doeloe yang menampilkan wajah kota Jakarta pada 1945, 1950, dan 1960.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)