Ini 3 Seruan Lengkap Pimpinan Kota U20 Dorong Ekonomi Berkelanjutan dan Pemulihan Sosial

Rabu, 31 Agustus 2022 - 19:54 WIB
loading...
Ini 3 Seruan Lengkap Pimpinan Kota U20 Dorong Ekonomi Berkelanjutan dan Pemulihan Sosial
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers bersama Menko Perekonomian Airlangga dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Balai Kota Jakarta, Rabu (31/8/2022). Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Urban 20 (U20) Mayors Summit menyepakati Communique (Pernyataan Bersama) terkait 3 hal penting. Pernyataan bersama itu telah diserahkan para pemimpin kota yang menghadiri U20 Mayors Summit kepada Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presidensi G20 Indonesia.

Indonesia tahun ini berperan sebagai Chair G20 Presidensi 2022 dan U20 merupakan engagement Group G20 Presidensi.

“Terkait dengan hasil Communique sudah disampaikan G20 presidency’s melalui Bapak Menko Perekonomian yang menyangkut 3 hal penting," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers bersama Menko Perekonomian Airlangga dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Balai Kota Jakarta, Rabu (31/8/2022).



Ketiga point tersebut, pertama, investasi di bidang kesehatan dan perumahan rakyat sebagai bagian recovery ekonomi dan sosial yang berkeadilan. Kedua, perlu memfasilitasi transisi menuju penggunaan energi berkelanjutan dan perlunya kesetaraan akses untuk mobilitas yang berkelanjutan. Ketiga, pentingnya menyiapkan pendidikan dan pelatihan agar semua orang mendapatkan kesempatan yang sama di dunia kerja.

Para pemimpin kota U20 mendeklarasikan pernyataan resmi yang ditandatangani oleh perwakilan dari 44 kota. Para pemimpin kota juga menjabarkan visi untuk bekerja sama dengan para pemimpin G20 di Urban 20 Mayors Summit di Jakarta.

Tindakan tersebut diharapkan membantu mengatasi krisis iklim, mendorong rasa kebersamaan sosial dan kesetaraan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ketimpangan tidak hanya meningkat antarnegara, tetapi juga di dalam kota. Kota mampu memajukan solusi inklusif dan adil yang unik, serta terobosan inovatif saat menghadapi tantangan global.



"Dalam semangat kolaborasi dengan pemerintah pusat dan G20, dari Jakarta kami ingin menyoroti relevansi kontribusi Urban 20 dalam memastikan kita pulih bersama dan lebih kuat dari bawah ke atas,” sebut Anies.

Pada acara U20 Mayor Summit 2022 yang diselenggarakan di Jakarta pada 29-31 Agustus 2022, di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat, para pemimpin kota U20 ini turut bertukar praktik baik dan mendiskusikan solusi demi mencapai pemulihan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan bagi semua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)