alexametrics

PSBB Transisi Berakhir 2 Juli, DKI Disarankan Terapkan New Normal

loading...
PSBB Transisi Berakhir 2 Juli, DKI Disarankan Terapkan New Normal
Pemprov DKI Jakarta disarankan untuk segera menerapkan new normal atau tatanan hidup normal baru.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A+ A-
JAKARTA - Masa PSBB transisi di Jakarta akan berakhir pada Kamis, 2 Juli 2020 mendatang. Pemprov DKI Jakarta disarankan untuk segera menerapkan new normal atau tatanan hidup normal baru.

Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga mengatakan, selama masa PSBB transisi ini, masyarakat Jabodetabek pada dasarnya sudah bergerak memasuki normal baru. Sehingga Pemprov DKI Jakarta seharusnya segera memfasilitasi protokol kesehatan normal baru dengan ketat di lapangan, seperti di mal, angkutan umum, perkantoran hingga pasar rakyat untuk mencegah penyebaran dan kluster kluster baru.

"Jakarta sudah harus berani masuk ke normal baru, karena bagaimanapun Jakarta tetap menjadi barometer semuanya. Termasuk penanganan Covid-19. Memasuki normal baru serta menggerakan perekonomian nasional," kata Nirwono melalui pesan singkatnya, Selasa (30/6/2020).



Pemprov DKI Jakarta belum bisa mengumumkan lanjut atau tidaknya masa PSBB transisi yang akan berakhir 2 Juli 2020 mendatang. Evaluasi akan menentukan Jakarta siap menuju PSBB transisi fase 2 atau tetap.di fase 1.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan data-data perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi selama PSBB transisi fase 1 berlaku. Sehingga, ketika diumumkan semua diinformasikan dengan data yang akurat.

"Kan berakhirnya 2 Juli. Nanti kita akan umumkan besok atau lusa," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/6/2020).(Baca: Kumpulkan Data, Anies Belum Putuskan Kelanjutan PSBB Transisi)

Diketahui sebelumnya, berdasarkan Keputusan Gubernur No 563/2020 tentang Pemberlakukan Pelaksanaan/Kegiatan PSBB Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif, PSBB Transisi akan berakhir pada 2 Juli mendatang. Selama PSBB transisi fase 1, Pemprov DKI telah memperbolehkan beberapa segmen untuk aktif kembali setelah sebelumnya di PSBB pratransisi sektor-sektor itu tutup selama tiga bulan.

Namun, ada beberapa sektor yang belum bisa aktif seperti tempat hiburan malam, resepsi pernikahan, industri pameran/penyewaan tempat pertemuan, konser musik, dan olahraga air. Jika PSBB transisi fase 1 berjalan baik, Anies berjanji akan membuka sektor-sektor tersebut dan PSBB transisi berlanjut ke fase 2.
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak