Anies ke Peserta Upacara HUT ke-77 RI: Renungkan Jasa Pahlawan di Balik Berkibarnya Merah Putih

Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:19 WIB
loading...
Anies ke Peserta Upacara HUT ke-77 RI: Renungkan Jasa Pahlawan di Balik Berkibarnya Merah Putih
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak peserta Upacara HUT ke-77 RI agar merenungkan peran pahlawan yang tidak pernah terpampang dalam buku sejarah. Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak peserta Upacara HUT ke-77 RI agar merenungkan peran pahlawan yang tidak pernah terpampang dalam buku sejarah. Anies juga meminta agar saling mendoakan, terutama untuk generasi saat ini, agar bisa menjaga Merah Putih tetap berkibar.

Baca juga: Upacara HUT ke-77 RI di Plaza Selatan Monas Dimulai, Anies Jadi Inspektur

Anies bertindak sebagai inspektur Upacara HUT ke-77 RI yang berlangsung di Plaza Selatan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Upacara berlangsung khidmat mulai pukul 07.00-07.45 WIB.

Anies sebelum prosesi mengheningkan cipta berpesan agar mengenang jasa pahlawan di balik berkibarnya Sang Saka Merah Putih.

"Sang merah putih di kibar-tinggikan oleh begitu banyak orang yang menghibahkan keringatnya energinya, air matanya, bahkan nyawanya. Mayoritas tidak pernah dikenal dan tidak pernah terpampang dalam buku-buku sejarah. Tapi mereka berada di balik berkibarnya sang Merah Putih," kata Anies.

Baca juga: Kini Kibarkan Merah Putih Hanya Butuh 4 Menit, Anies: Jangan Sekadar Seremonial Kenang Perjuangan Kemerdekaan

Kini, kata Anies, semua elemen bangsa mempunyai tanggung jawab untuk menjaga berkibar tingginya Merah Putih.

"Mengheningkan cipta ini jangan dijadikan sekadar seremonial, renungkan tentang peran mereka, bayangkan jika kita di posisi mereka, dan renungkan tentang peran kita hari ini untuk menjaga kibar-tingginya Merah-Putih.Doakan mereka dan doakan kita untuk bisa terus menjaga Sang Merah-Putih tetap berkibar tinggi di tanah yang kita cintai ini," ajak Anies.

Turut hadir dalam upacara HUT Ke-77 RI itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Mataali, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kasdam Jaya, dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo.

Lalu, perwakilan Koarmada I, perwakilan Kopassus, Komandan Lanud Halim Perdana Kusuma, sejumlah Anggota DPRD DKI, pejabat Pemprov DKI, ASN Pemprov DKI, serta sejumlah tamu undangan lainnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1079 seconds (10.55#12.26)