Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan, Lemkapi Yakin Polri Tetap Solid Dukung Kapolri Listyo Sigit

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 16:03 WIB
loading...
Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan, Lemkapi Yakin Polri Tetap Solid Dukung Kapolri Listyo Sigit
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia ( Lemkapi ) Edi Hasibuan meyakini seluruh jajaran Polri tetap solid mendukung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo usai penetapan Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan berencana Brigadir J.

"Hasil pemantauan kami, saat ini kami yakini seluruh anggota Polri yang jumlahnya sekitar 460.000 personel masih sangat solid mendukung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo," ujar Edi, Sabtu (13/8/2022).

Anggota Kompolnas periode 2012-2016 ini menepis berbagai isu yang muncul pascapenetapan mantan Kadiv Propam Polri itu sebagai tersangka.
Baca juga: Ferdy Sambo Tersangka Tewasnya Brigadir J, Lemkapi: Kapolri Tegas Tanpa Keraguan

Menurut pemerhati kepolisian ini, penembakan Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat yang berujung Ferdy Sambo tersangka dengan ancaman hukuman mati membuat geger masyarakat termasuk internal Polri.

Selain Sambo, ada tiga anak buahnya juga ikut menjadi tersangka dan dituduh terlibat perencanaan pembunuhan terhadap Brigadir J. "Kami melihat penetapan Kapolri ini sungguh putusan yang sangat tegas dan berani serta transparan. Ketegasan Tim Khusus bentukan Kapolri kita lihat banyak diapresiasi publik," kata doktor ilmu hukum ini.

Dia mengajak kasus Ferdy Sambo sebagai bahan introspeksi seluruh jajaran Polri. "Kita harapkan tidak ada lagi kasus serupa pada masa mendatang. Dalam situasi seperti ini kita minta seluruh jajaran Polri semakin kompak dan mendukung penuh kebijakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo demi Polri yg semakin baik," ungkapnya.
Baca juga: Lemkapi Apresiasi Gagasan Kapolri Gelar Hoegeng Award

Edi juga meminta Polri agar segera menyelesaikan kasus Ferdy Sambo sampai tuntas dan menindak seluruh anggota yang terbukti membantu melakukan kejahatan dengan tegas.

Lemkapi juga mendukung sepenuhnya penghentian kasus dugaan pelecehan terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. "Polri harus tegas. Jangan membuat masyarakat bingung," kata pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo sebelumnya memastikan seluruh anggota Polri tetap setia dan taat pada Kapolri Listyo Sigit Prabowo. “Sejauh ini 460 ribu anggota Polri semuanya Satya Haprabu pada Kapolri. Jadi kita tetap tunduk, taat dan setia kepada pimpinan kita yang tertinggi, Bapak Kapolri,” tegas Dedi.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1495 seconds (10.101#12.26)