Kenang Sosok Habib Zen, Anies: Pribadi Berakhlak Mulia dan Meneduhkan Semua

Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:02 WIB
loading...
Kenang Sosok Habib Zen, Anies: Pribadi Berakhlak Mulia dan Meneduhkan Semua
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjumpa dengan Ketua Dewan Syura DPP Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Umar dalam sebuah kesempatan di Jakarta. Foto: IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang sosok Ketua Dewan Syura DPP Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Umar sebagai pribadi yang berakhlak dan dapat meneduhkan semua. Ulama karismatik di Indonesia itu meninggal dunia pada Rabu (10/8/2022).

"Pribadi berakhlaq mulia. Selalu teduh dan meneduhkan semua. Selalu sabar dan tenang dalam situasi apapun. Seorang alim yang murah senyum, ilmunya dalam, dan penuh tawaduk," ujar Anies melalui Instagramnya @aniesbaswedan, Kamis (11/8/2022).
Baca juga: Pemakaman Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah Habib Zen Diiringi Lantunan Asmaul Husna

Anies mengenang sosok Habib Zen tak terhitung bersamanya dalam sejumlah acara. Dia mengenang kala sarapan pagi bersama Habib Zen dengan menyantap roti mariam dan kopi jahe.

Menurut dia, Habib Zen memiliki amal jariyah yang cukup banyak dari ilmu yang diamalkan murid beliau. Dia pun mendoakan agar aliran pahala bagi sosok Habib Zen tidak berhenti.

"Hari ini telah dicukupkan usianya, tapi jariyahnya yang begitu banyak; anak-anaknya yang shaleh-shalehah; ilmu yg diamalkan oleh murid-muridnya maka aliran pahala padanya tidak akan berhenti, insyaAllah. Al fatihah..," kata Anies.

Anies menceritakan saat terakhir kali berjumpa sambil berpegangan dan berpelukan pada Jumat 29 Juli 2022. Namun, sepekan kemudian dia mendengar kabar bahwa Habib Zen sakit.

“Saya sudah lama tidak pergi-pergi. Tapi antum menikahkan, maka ana khususkan untuk datang,” begitu kira-kira kalimatnya.
Baca juga: Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Umar Wafat

“Walau tertutup masker tapi dari matanya terlihat ada senyum yang lebar. Diucapkan sambil kedua tangan kami berpegangan. Lalu kami berpelukan. Hari Jumat, 29 Juli 2022 jadi hari perjumpaan terakhir. Itulah pelukan terakhir kami," sambung Anies.

"Sepekan kemudian, mendengar beliau sakit. Maka hari Senin malam menjenguk ke rumah sakit. Mendengar update medis dari anak beliau Habib Umar bin Zen dan dari dokter yang merawat tentang kondisinya. Lalu semalam, Rabu petang berita duka itu datang. Kami tertegun. Habib Zen bin Umar bin Sumaith wafat. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," kata Anies.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1099 seconds (10.177#12.26)