Gandeng Ubhara, DPC Peradi Jakbar Gelar PKPA ke XIX

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:05 WIB
loading...
Gandeng Ubhara, DPC Peradi Jakbar Gelar PKPA ke XIX
DPC Peradi Jakarta Barat kembali bersinergi dengan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya menggelar Pendidikan Profesi Khusus Advokat ?(PKPA). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - DPC Perhimpunan Advokat Indonesia ( Peradi ) Jakarta Barat kembali bersinergi dengan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ( Ubhara ) menggelar Pendidikan Profesi Khusus Advokat ‎( PKPA ). Pendidikan advokat angkatan ke XIX ini digelar secara hybrid.

Ketua DPC Peradi Jakarta Barat (Jakbar) Suhendra Asido Hutabarat mengaku bangga kepada para calon advokat yang memilih PKPA di Peradi.

“Kalau ambil PKPA di sini (Peradi), ujian profesi advokatnya juga di kita juga, supaya nanti menjadi advokat‎ 'darah biru, yang ningrat', Peradi di bawah Prof Otto,” kata Asido di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Menurut dia, saat ini untuk menjadi advokat bukan perkara susah. Karena, sambungnya, banyak organisasi advokat yang tidak menetapkan standar untuk menjadi advokat.

“Berdasarkan UU Advokat, hanya Peradi di bawah kepemimpinan Prof Ott Hasibuan lah satu-satunya organisasi advokat yang sah disebut single bar‎,” katanya.

‎Senada dengan Asido, Sekretaris Jenderal ‎(Sekjen) DPN Peradi Hermansyah Dulaimi menambahkan, peserta PKPA Peradi telah berada di jalan yang benar untuk menjadi advokat. Meski banyak organisasi yang menyelenggarakan PKPA hingga penyumpahan, tetapi kualitasnya tidak sesuai standar yang diterapkan Peradi.‎

“Banyak di tempat lain, satu paket, bawa ijazah, foto, bayar. Bulan depan saudara sudah diangkat menjadi advokat, tapi di Peradi ini tidak bisa, ini pilihan yang tepat,” ucapnya.

Ketua Bidang PKPA Sertifikasi dan Kerja Sama Universitas DPN Peradi Firmanto Laksana Pangaribuan juga menyampaikan pernyataan serupa. Kata dia, tidak semua organisasi advokat sama.

“Tidak mempunyai‎ kualitas karena banyak rekan kita dari organisasi lain untuk kembali ujian di tempat kita. Sehingga saya berani menyampaikan, Peradi di bawah Otto Hasibuan adalah satu-satunya organisasi advokat karena memang UU-nya menyatakan demikian sampai saat ini,” katanya.

Ketua PKPA DPC Peradi Jakbar‎-Ubhara Angkatan XIX Fortuna Alvariza, mengatakan, PKPA kali ini diikuti oleh 113 orang perserta. Para peserta akan segera menerima setifikat PKPA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)