Saksi Nikah Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh dari Pihak Keluarga

Jum'at, 29 Juli 2022 - 14:00 WIB
loading...
Saksi Nikah Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh dari Pihak Keluarga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung mengucapkan ijab yang diikuti dengan kabul oleh mempelai pria Ali Saleh Alhuraiby.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menikahkan putrinya, Mutiara Annisa Baswedan sah menikah dengan Ali Saleh Alhuraiby . Akad nikah berlangsung Jumat (29/7/2022) di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara.

Adik kandung Anies Rasyid Baswedan, Abdillah Rasyid Baswedan mengatakan, saksi pernikahan kedua mempelai dari pihak keluarga tidak ada tokoh penting. "Dua saksi pernikahan merupakan orang terdekat keluarga, yaitu paman dari mempelai pria dan kakek dari mempelai wanita," kata Abdillah dalam keterangannya.

Abdillah menjelaskan, prosesi akad pernikahan pasangan Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraeby berjalan lancar, khusyuk, dan khidmat dengan menggunakan adat Jawa

Saat akan dimulai akad nikah, tampak mempelai pria mengenakan jasa warna putih yang didampingi oleh ayahnya dan Anies Rasyid Baswedan. Sementara itu, mempelai wanita mengenakan kebaya berwarna putih dan kain batik, berada di ruangan lain ditemani oleh ibundanya, Fery Farhati dan ibunda Ali Alhuraebi.

Sebelum memulai ijab kabul, ada pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustaz Fauzy Ridwan, juara 1 MTQ nasional dan internasional. Mengingat pernikahan merupakan ibadah mulia dan sakral, prosesi akad nikah ini juga dilengkapi dengan khutbah nikah yang dibawakan oleh Ustaz Nasir Mansur, seorang ulama asal Jakarta dan lulusan Al Maliki Makkah.

Isi khutbah nikah yang dibawakan Ustaz Nasir sama dengan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW saat menikahkan puterinya, Fatimah Az-Zahra. Setelah khutbah nikah, dilanjutkan prosesi ijab kabul.

Sebagai wali nikah, Anies Baswedan langsung mengucapkan ijab yang diikuti dengan kabul oleh mempelai pria. Hadir juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pademangan, H. Saepulloh, M.A. untuk melakukan pencatatan administrasi pernikahan.

"Setelah akad nikah, dilanjutkan doa nikah oleh K.H. Syukron Ma’mun (pengasuh Pondok Pesantren Daarul Rahman dan seorang ulama senior di Jakarta).
Tidak hanya khutbah nikah, dalam prosesi ini juga terdapat nasihat pernikahan yang disampaikan oleh Ustaz Salim A. Fillah yang juga sebagai penulis best seller berbagai buku pernikahan, seperti Agar Bidadari Cemburu Padamu; Bahagianya Merayakan Cinta, dan masih banyak buku lainnya. Lulusan Teknik Elektro UGM ini merupakah tokoh ulama muda dari Masjid Jogokariyan di Yogyakarta," ucap Abdillah.

"Setelah prosesi akad nikah selesai dan resmi menjadi pasangan suami istri, mempelai pria ditemani oleh ayahnya dan Anies Baswedan menuju hall utama Candi Bentar untuk acara temu dan tukar cincin dengan mempelai wanita, Mutiara Annisa Baswedan," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6543 seconds (0.1#10.140)