Wagub DKI Sebut Sistem PPDB di Jakarta Tingkatkan Kualitas Siswa dan Sekolah

Rabu, 13 Juli 2022 - 07:43 WIB
loading...
Wagub DKI Sebut Sistem PPDB di Jakarta Tingkatkan Kualitas Siswa dan Sekolah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza).Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) membuat kualitas siswa dan sekolah di Jakarta meningkat. Meskipun, beberapa aturan seperti sistem zonasi kerap dikeluhkan masyarakat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, pelaksanaan PPBD setiap tahunnya membuat kualitas pendidikan di Jakarta meningkat. Namun, dia mengakui, pemberlakuan PPDB kerap menjadi polemik tiap tahunnya terutama jalur zonasi.

Padahal, lanjut Ariza, justru dengan adanya zonasi tersebut, membuat sekolah negeri yang ada di Jakarta semakin berkualitas. "Berdasarkan evaluasi kami tiga tahun terakhir ini, justru hal ini meningkatkan kualitas siswa dan sekolah itu sendiri. Jadi itu saya kira kebijakan sesungguhnya yang baik," kata Ariza di DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Ariza menuturkan, meningkatnya kualitas sekolah dikerenakan Pemprov beserta jajaran terkait, memberikan solusi dengan mengatur kriteria PPDB yaitu melalui jalur prestasi, jalur zonasi, hingga jalur prestasi nonakademik.

Meski mengalami kenaikan dalam kualitas, pihaknya tetap akan menerima keluhan dari masyarakat dan akan dijadikan bahan evaluasi."Kalau masih ada yang belum puas atau kecewa, kita akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dan evaluasi," tuturnya.

Sebelumnya, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Ima Mahdiah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) untuk mematangkan mekanisme PPDB. Hal ini bertujuan untuk tidak ada kebijakan yang berubah-ubah terkait mekanisme PPDB setiap tahun.

"Dorongan kita DPRD kepada Disdik sebelum nanti buka PPDB lagi kedepan memang harus dimatangkan terlebih dahulu," kata Ima kepada awak media di Ruang Rapat Komisi E, Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (11/7/2022).

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)