Idul Adha 2022, Anies: Pemotongan Hewan Kurban Meningkat

Senin, 11 Juli 2022 - 07:04 WIB
loading...
Idul Adha 2022, Anies: Pemotongan Hewan Kurban Meningkat
Gubernur DKI Jakarta menyebut pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 2022 meningkat. Foto: Tangkapan layar/IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Wabah penyakit mulut dan kuku ( PMK ) yang melanda pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah ini tak menyurutkan jumlah pemotongan hewan kurban di Jakarta. Jumlah tersebut justru mengalami peningkatan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ini disebabkan masyarakat percaya pada proses pemotongan hewan kurban yang dikerjakan di Jakarta lebih sistematis dan higienis.

“Jumlahnya melonjak sampai 58 ribu. Padahal, biasanya 42 ribu sampai 47 ribu,” kata Anies di Jakarta, Minggu 10 Juli 2022 sore.

Puluhan ribu hewan kurban itu, kata Anies dibawa dari luar Jakarta. Namun, kata dia, di Ibu Kota pengawasan terhadap hewan kurban sistematis sehingga masyarakat percaya wabah PMK bisa ditangani.



“Ternyata, 58 ribu itu adalah karena hewan dari luar daerah dibawa ke Jakarta, di sini ada proses pengawasan sistematis, sehingga warga luar Jakarta memilih membeli di Jakarta. Jadi, 58 ribu itu 10 ribu lebih keluar dari Jakarta lagi. Awalnya dibawa masuk ke sini, lalu dijual di Jakarta, tapi pembelinya dari luar Jakarta, mereka cenderung membeli di Jakarta. Hal tersebut menandakan bahwa mereka mempercayai sistem checking di sini,” imbuhnya.

Anies menyebut, pengawasan di masa wabah PMK menjadi faktor yang menentukan dalam alasan masyarakat lebih memilih berkurban dan mendapatkan daging kurban dari Jakarta.

“Sebabnya kenapa terjadi pelonjakan, selain ada demand yang meningkat, juga adanya kepercayaan kepada Jakarta terhadap pengawasan hewan kurban di masa PMK ini. Kita yakin dan monitornya kita tahu persis. Bahkan, warga luar Jakarta pun cenderung membeli hewan kurban di Jakarta karena prosesnya terpercaya,” ucapnya.

Hal yang menarik selanjutnya, masyarakat memilih berkurban kambing dan domba daripada sapi. Hal tersebut menurut Anies merupakan salah satu tanda ekonomi masyarakat semakin membaik.

“Kedua, yang menarik juga adalah jumlah kurban kambing dan domba mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Itu menandakan bahwa masyarakat yang mampunya membeli kambing, perekonomiannya membaik juga. Dengan jumlah kambing yang dikurbankan menjadi lebih banyak lagi, itu tanda yang positif. Kita bersyukur bahwa semakin banyak masyarakat yang siap berkurban,” pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)