Jakarta dan Bandung Jadi Tuan Rumah KTT Y20, Anies Usulkan 4 Isu Strategis

Sabtu, 02 Juli 2022 - 22:02 WIB
loading...
Jakarta dan Bandung Jadi Tuan Rumah KTT Y20, Anies Usulkan 4 Isu Strategis
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/Istimewa/Dok
A A A
JAKARTA - Kota Jakarta dan Bandung menjadi tuan rumah KTT Youth 20 (Y20) yang merupakan rangkaian Presidensi G20 Indonesia, pada 17-24 Juli 2022 mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan empat isu strategis yang akan dibawa dalam pertemuan tersebut.

Anies mengatakan, empat isu strategis dalam pertemuan tersebut, yakni transformasi digital, planet yang layak huni, masa depan pekerjaan, dan persatuan dalam keberagaman.

"Pertama transformasi digital yang sedang terjadi, dan ini peran pemuda dalam urusan ini sangat luar biasa jadi perlu ada pembahasan yang baik. Kedua, planet layak huni otomatis ini adalah isunya anak muda," kata Anies dalam acara konferensi pers virtual Y20 secara virtual, Sabtu (2/7/2022).

"Ketiga, masalah masa depan pekerjaan, bagaimana pemimpin G20 nanti bisa mengakomodasi pandangan terkait hal ini. Keempat tentang bagaimana membangun persatuan di dalam keberagaman yang ada di seluruh dunia," sambungnya. Baca: KTT Y20, Anies: Semoga Hasilnya Diteruskan Kepada Presiden Jokowi

Menurut Anies, keempat isu tersebut sangat relevan dengan dengan tantangan anak muda saat ini. Hasil dari pertemuan pemuda-pemuda internasional, lanjut Anies, menjadi sangat penting, dan harus didengar oleh para pemimpin.

"Para pemuda ini adalah pemilik masa depan, apa yang nanti mereka katakan perlu dipikirkan secara serius oleh para pemimpin," ujarnya.

"Kita berharap teman-teman bisa menghasilkan komunike yang bisa diteruskan ke Presiden sebagai pemimpin G20. Ujung dari pertemuan ini adalah pandangan anak muda terhadap masalahnya yang harus diakomodasi oleh pemimpin G20," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)