BPBD Tangerang Evakuasi 3 Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter di Rumah Warga

Kamis, 30 Juni 2022 - 12:45 WIB
loading...
BPBD Tangerang Evakuasi 3 Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter di Rumah Warga
Petugas BPBD Kabupaten Tangerang mengevakuasi sebanyak tiga ular sanca di rumah warga Jalan Padat Karya Kampung Sukamulya, Kecamatan Cikupa.Foto/MPI/Nandha Aprilianti
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mengevakuasi sebanyak tiga ular sanca di salah satu rumah warga Jalan Padat Karya Kampung Sukamulya, Kecamatan Cikupa. Tiga ular sanca ini ditemukan di kamar mandi dan dapur rumah tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir mengatakan, penemuan ular ini dilaporkan pada Rabu (29/6/2022) sekira pukul 19.20 WIB.“Informasi melalui Pesan Whatsapp ke anggota yang sedang piket jaga, pelapor atas nama Ibu Yayat,” katanya dalam keterangan, Kamis (30/6/2022).

Munir menuturkan, rumah tersebut digunakan sebagai tempat sekretariat organisasi, yang di mana aktivitas seperti halnya rapat dilakukan hanya sebulan dua kali.

Pada hari itu, pelapor hendak mengambil seragam di rumah tersebut. Namun, betapa kagetnya melihat kondisi rumah yang berantakan dan kemudian memutuskan untuk memeriksa seluruh bagian rumah.

Kemudian setelah diperiksa, pelapor mendapati adanya tiga ular dengan dua ular berada di kamar mandi dan wastafel dapur. Sebanyak empat personel dari Markas Komando Curug dikerahkan untuk mengevakuasi tiga ular sanca tersebut.

"Tim Damkar Kabupaten Tangerang berhasil mengevakuasi tiga ular sanca ini selama 30 Menit, dengan perlengkapan grab stick, lakban, senter, dan karung," ungkapnya.
Sebagaimana diketahui, dugaan ular ini bisa masuk lantaran di belakang rumah tersebut sedang ada aktivitas pengurugan rawa untuk perumahan. Oleh karna itu, kemungkinan satwa liar ini kehilangan habitat lalu masuk ke rumah-rumah warga, dugaan sementara ular masuk melalui plafon kamar mandi.

Kini ketiga ular sanca yang berukuran 3,5 meter dengan berat 15 kilogram itu sementara diamankan di Kantor Pemadam Kebakaran Curug. Kemudian, BPBD Kabupaten Tangerang akan menyerahkannya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Tegal Angus Jakarta.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2694 seconds (0.1#10.140)