Polda Metro Telusuri 30 Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin

Selasa, 14 Juni 2022 - 15:49 WIB
loading...
Polda Metro Telusuri 30 Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin
Polda Metro Jaya menelusuri 30 sekolah yang terafliasi Khilafatul Muslimin. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya belum membeberkan 30 lembaga pendidikan yang diduga terafiliasi dengan organisasi masyarakat (Ormas) Khilafatul Muslimin. Penyidik menyebut 30 sekolah tersebut dikomandani oleh AS yang berperan sebagai menteri pendidikan dari ormas tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyebut AS merupakan salah satu dari enam orang tokoh Khilafatul Muslimin yang telah ditangkap. Dia masih belum membeberkan identitas 30 sekolah tersebut.

Dia berdalih saat ini penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap para saksi yang telah ditangkap. Ia berjanji akan membeberkan perihal 30 sekolah itu usai pemeriksaan para tersangka.

”Kita akan jelaskan beberapa hari ke depan akan ada rilis lebuh lanjut terkait pemeriksaan sedang dilakukan enam orang tersangka,” ujar Zulpan, Selasa (14/6/2022).

Zulpan mengeklaim, para tersangka yang telah diciduk dari berbagai daerah itu merupakan orang penting di ormas Khilafatul Muslimin.

Selain Abdul Qadir Hasan Baraja dan AS, jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum), Polda Metro Jaya juga menangkap anggota Khilafatul Muslimin berinisial AA, IN, F, dan SW diciduk di Lampung, Medan, dan Bekasi.

”Semua orang (ditangkap)adalah merupakan orang peran di Khilafatul Muslimin memiliki tujuan merubah idelogi dari Pancasila menjadi kilafah (yang) bertentangan UUD,” tegasnya.



Selain itu penyidik Polda Metro Jaya juga menyita sejumlah barang bukti salah satunya adalah uang senilai Rp2,3 miliar. Kata dia, uang sebanyak itu ditemukan tersimpan dalam brankas besi di markas Khilafatul Muslimin di Lampung.

”Ditemukan beberapa barang bukti di antaranya adalah kita temukan brankas besi sebanyak empat unit yang berisi uang tunai yang berjumlah lebih dari Rp2,3 miliar,” ungkapnya.

Penyidik juga menemukan catatan pembukuan keuangan milik organisasi masyarakat Khilafatul Muslimin dalam penggeledahan tersebut. Hanya saja Zulpan juga belum menjelaskan perihal aliran dana yang dimiliki ormas Khilafatul Muslimin tersebut.

”Serta ditemukan juga tabungan buku rekening penampung, kemudian kita temukan juga di situ data penduduk Khilafatul Muslimin se-Indonesia yang sampai dengan sore hari ini, sudah kita temukan berjumlah mencapai puluhan ribu,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)