Libatkan Sektor UMKM, Anies: Formula E Hajatan Semua Kalangan

Jum'at, 03 Juni 2022 - 13:51 WIB
loading...
Libatkan Sektor UMKM, Anies: Formula E Hajatan Semua Kalangan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/Dok.Pemprov DKI
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyatakan ajang Formula E di Ancol, Jakarta Utara, merupakan hajatan seluruh warga Jakarta. Peran pelaku UMKM pun sangat vital di ajang seri kesembilan musim 2021/2022 balap mobil listrik.

"Ajang Formula E sejatinya adalah hajatan seluruh warga Jakarta, di mana peran UMKM sangat vital di sana. Sehingga, selain ikut meramaikan suasana, keterlibatan para UMKM ini diharapkan mampu menggerakkan kembali roda perekonomian, terutama pascapandemi Covid-19," ungkap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat sesi talkshow di Balai Kota Jakarta, pada Kamis (2/6/2022) malam.

Anies mengatakan, selain dalam mengejar potensi perputaran ekonomi, kehadiran UMKM juga sebagai jendela untuk memperkenalkan berbagai komoditas dari akar rumput yang ada di Indonesia kepada dunia.

Eks Mendikbud itu berharap ajang Formula E di Jakarta ini mampu mendatangkan banyak manfaat, bukan hanya menambah pendapatan devisa negara, tetapi juga menguatkan eksistensi kebudayaan Indonesia dalam kancah internasional.

"Kita bisa membayangkan berbagai potensi yang bisa kita peroleh saat ajang ini berlangsung. Ini bukan hanya masalah nominal berapa pendapatan ekonomi, bukan juga hanya pengenalan komoditas lokal kepada dunia, tapi ini bagaimana kita memperkenalkan bahwa Formula E ini adalah hajatan semua orang, termasuk UMKM. Karena itu, UMKM harus terlibat," tuturnya.

Sebagai informasi, sebanyak 260 UMKM dengan produk yang beragam dipastikan akan mendapat tempat berjualan dan fasilitas lengkap untuk melayani penonton Formula E tanpa dipungut biaya.

Para pelaku UMKM ini bukan hanya berasal dari binaan Jakpreneur, tetapi juga berasal dari 10 provinsi di Indonesia, yakni Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Para UMKM ini nantinya akan menggunakan QRIS sebagai metode pembayarannya dengan nama QRIS Jakpreneur, sehingga transaksinya lebih mudah. Hal ini juga bisa menghitung omzet penjualan produk dari setiap UMKM pada ajang Formula E.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)