DKI Pastikan Kegiatan di Masa PSBB Transisi Sesuai Protokol Kesehatan

Minggu, 21 Juni 2020 - 15:07 WIB
loading...
DKI Pastikan Kegiatan di Masa PSBB Transisi Sesuai Protokol Kesehatan
Pengunjung mal di salah satu Jakarta menggunakan masker sebagai salah satu cara memutus mata rantai Covid-19. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase I di Jakarta telah berjalan. Pemprov DKI Jakarta pastikan semua berjalan dengan protokol kesehatan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ahmad Riza Patria mengatakan, sejumlah mal, pusat perbelanjaan dan tempat wisata telah mendapatkan Izin operasional dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seusai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2020.

Untuk memastikan hal itu, pria yang akrab disapa Ariza ini kerap meninjau dan mengawasi sejumlah kegiatan yang telah diizinkan beroperasi pada masa transisi ini. ( )

“Alhamdulillah sejauh pencermatan saya, rambu-rambu pelaksanaan Protokol Covid-19 telah dilaksanakan dengan baik, seperti ada pembatasan pengunjung, ada tempat cuci tangan, ada tanda traffic flow-nya dibuat agar satu arah jalannya, tidak bersentuhan, kemudian pedagang pengunjung menggunakan masker bahkan face shield semua diwajibkan,” kata Ariza dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/6/2020).

Dalam kunjunganya ke pasar, kata dia, dirinyamendapatkan informasi bahwa berdasarkan hasil tes swab dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, terdapat 33 pasar yang dilakukan tes, terdapat 7 pasar yang hasilnya negatif, 12 pasar yang hasilnya positif, dan terdapat 79 pedagang yang terkena Covid-19. ( )

“Dan sudah dilakukan isolasi mandiri. Dan terhadap 12 pasar tersebut, kita melakukan penutupan sementara kemudian dibersihkan. Mudah-mudahan dengan adanyapenindakan tegas dari pasar, dari Pak Arifin selaku pimpinan Satpol PP, bisa menjadi contoh bagi semua pedagang, semua pasar, bahkan semua-semua unit kegiatan masyarakat, perlu ada kedisiplinan, kepatuhan, dan ketaatan untuk mewujudkan kerjasama yang baik," tuturnya.

Selain itu, Ariza juga meninjau kepatuhan pengelola mal dalam rangka penerapan protokol kesehatan Covid-19. Seperti pembatasan kapasitas pengunjung sebanyak 50 persen, penggunaan face shield bagi penjaga toko/gerai makanan dan minuman, penyediaan tempat cuci tangan, jaga jarak saat di antrean mesin ATM, dan sebagainya.

Atas hal itu, Ariza menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih dari pengelola pasar dan mal atas kerjasama yang baik dalam rangka penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.“Mudah mudahan kerjasama yang baik ini, termasuk semuanya dilakukan pembatasan. Terima kasih supaya ditingkatkan,” pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)