Mencekam! Markas Brimob Diserbu Gerombolan Pemberontak TII, Banyak Pelopor Terbunuh

Rabu, 11 Mei 2022 - 06:30 WIB
loading...
Mencekam! Markas Brimob Diserbu Gerombolan Pemberontak TII, Banyak Pelopor Terbunuh
Prajurit Resimen Pelopor Brimob. Foto: Buku Resimen Pelopor (Edisi Revisi), Pasukan Elite Yang Terlupakan, penulis Anton Agus Setyawan dan Andi M Darlis, Januari 2013
A A A
JAKARTA - Mencekam! Pagi itu, pertengahan tahun 1961 markas Brimob Kompi 5116 di Medangara, Kuala Simpang Aceh diserbu gerombolan pemberontak Tentara Islam Indonesia (TII) Daud Beureuh. Banyak prajurit Resimen Pelopor terbunuh karena pagi itu mereka sedang bersiap untuk sarapan.

Pasukan TII yang melakukan penyerbuan menggunakan strategi yang amat berani yakni menyamar sebagai anggota Resimen Pelopor Brigade Mobil (Brimob). Dikisahkan dalam buku Resimen Pelopor (Edisi Revisi), Pasukan Elite Yang Terlupakan, penulis Anton Agus Setyawan dan Andi M Darlis, Januari 2013, gerombolan pemberontak memakai truk yang sudah dicat menyerupai truk militer lengkap dengan bendera Merah Putih dan lambang Brimob.
Baca juga: Profil Kombes Rinny Wowor, Doktor Psikologi Polri yang Juga Penulis Polwan Untuk Negeri

Seragam yang dikenakan pasukan TII juga sama dengan Brimob lengkap helm tempur. Seragam Brimob waktu itu mirip seragam TNI yaitu hijau hanya lebih muda.

Kedatangan pemberontak TII di markas Brimob disambut petugas di pintu penjagaan. Ketika mereka mendekat petugas baru tersadar bahwa mereka bukan anggota Brimob. Hari itu menjadi hari terakhir dalam hidup anggota Brimob yang bertugas di pintu jaga.

Musuh keburu membidikkan senjata dan menembak. Situasi menjadi kacau karena terjadi tembak-menembak dalam jarak dekat.

Mereka yang selamat pagi itu adalah yang sedang mandi, mencuci, dan buang air di sungai terdekat. Prajurit Brimob yang berada di luar markas terkejut mendengar suara tembakan gencar di markas kompi.

Mereka langsung mengambil senjata dan berlari menuju markas. Pemandangan yang dilihat sangat mengerikan. Banyak anggota Brimob 5116 terbunuh.

Para penembak bren yang sedang di sungai segera mencari posisi menembak. Namun, mereka bingung lantaran musuh menggunakan seragam yang sama, sementara posisi musuh bercampur dengan kawan-kawan mereka.
Baca juga: Kode Kedipan Mata Komandan Brimob Ini Berujung Tewasnya Tawanan Perang

Penembak bren baru yakin menembak sasaran ketika musuh mundur. Namun, gerombolan TII adalah pasukan terlatih bertempur menghadapi Belanda sehingga gerakan mundur mereka disertai tembakan yang menyulitkan penembak bren.

Dalam penyerbuan tersebut, Brimob Kompi 5116 kehilangan nyaris 40 persen kekuatannya. Sementara, hanya belasan orang dari gerombolan TII yang berhasil ditewaskan. Hari itu benar-benar kemenangan besar bagi pasukan TII.

Untuk mengatasi keadaan itu, pemerintah mengirim pasukan Resimen Pelopor Brimob ke Aceh pada Juni 1961. Pasukan yang menyandang senapan baru AR 15 adalah seluruh Kompi 5994 (Kompi A) Pelopor di bawah komando langsung Iptu K.E Loemy.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)