Terima Gelar Kehormatan Tuan Penata Negara, Anies Kenang Jadi Mendikbudristek

Selasa, 10 Mei 2022 - 10:04 WIB
loading...
Terima Gelar Kehormatan Tuan Penata Negara, Anies Kenang Jadi Mendikbudristek
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperoleh gelar kehormatan Adat Lampung Pepadun, Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperoleh gelar kehormatan Adat Lampung Pepadun, Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara). Gelar yang diberikan Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat mengingatkan Anies saat menjabat Mendikbudristek.

”Masih ingat betul pertama kali menginjakkan kaki di tanah Tubaba, 11 November 2010 silam. Kami mengantarkan beberapa anak muda, sarjana terbaik yang bersedia menjadi pengajar di tempat penuh dengan tantangan. Gerakan yang kita sebut Indonesia Mengajar,” kata Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Selasa (10/5/2022).

Menurut dia, Tubaba adalah satu dari sedikit kabupaten yang menyatakan bersedia menerima angkatan pertama Indonesia Mengajar. Untuk itu, Anies bersyukur sekali atas sambutan warga Tubaba yang terbuka kemajuan pendidikan, termasuk Pak Umar Ahmad saat itu masih Wabup.

Pada waktu itu Tulang Bawang Barat adalah kabupaten baru hasil pemekaran. Ketika tiba di desa penempatan, mobil sulit bergerak karena jalan berlumpur berat. Pada 2015 sempat kembali ke Tubaba, ketika Indonesia Mengajar di Tubaba tuntas pada 2015.

”Program ini memang dirancang untuk lima tahun saja agar selanjutnya masyarakat di sini tumbuh berkembang. Alhamdulillah, Pak Umar Ahmad yang kemudian menjadi Bupati Tubaba, sangat peduli dengan pendidikan dan berhasil menginisiasi program Tubaba Cerdas,” imbuhnya.

Anies menambahkan selepas bertugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bertugas di Jakarta, sebagai Gubernur DKI Jakarta. Berawal dari silahturahmi Bupati Tubaba ke Balai Kota dan menyampaikan pesan ada sebuah gelar kehormatan dirinya datang ke Tubaba.

”Beberapa waktu lalu Pak Bupati gantian bersilaturahmi ke balai kota. Beliau menyampaikan pesan ada sebuah gelar kehormatan yang hendak dianugerahkan dari#Tubaba,” ucapnya.Kemudian, Anies pun mengapresiasi dan mengucap terima kasih atas gelar kehormatan yang diberikan tersebut.

”Dari hati yang paling dalam kami sampaikan apresiasi, terima kasih atas kehormatan yang diembankan kepada kami. Insya Allah akan kami jalani dengan sebaik-baiknya. Tulang Bawang Barat akan selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup kami, sebuah tempat yang memberikan kesan amat mendalam. Insya Allah ini bukan kali terakhir kita memanjangkan silaturahmi ini,” ujarnya.

Anies pun berdoa agar Kabupaten Tubaba dapat keberkahan yang melimpah seiring dengan kemajuan yang muncul. ”Semoga kemajuan bagi Kabupaten Tulang Bawang Barat akan terus terjadi dan keberkahan akan bisa melimpah kepada semua yang berada di Kabupaten#TulangBawangBarat,” harapnya.

Lebih lanjut, Anies mengaku bahagia dapat kembali ke Tubaba. Tak hanya itu gelar kehormatan yang diberikan dilatarbelakangi Tubaba daerah spesial bagi dirinya.

”Bahagia sekali dapat kembali ke Tulang Bawang Barat (Tubaba). Kemarin 8 Mei 2022, kembali ke Tubaba untuk menerima Pemberian Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara) dari Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat. Tulang Bawang Barat adalah daerah yang spesial bagi kami,” tuturnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)