Pasar Tanah Abang Kembali Dibuka Besok Pagi

Minggu, 08 Mei 2022 - 18:21 WIB
loading...
Pasar Tanah Abang Kembali Dibuka Besok Pagi
Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat akan kembali dibuka besok, Senin (9/5/2022) pagi. Foto/MPI/maulana yusuf
A A A
JAKARTA - Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat akan kembali dibuka besok, Senin (9/5/2022) pagi. Sebelumnya, pasar tersebut sempat ditutup selama libur Lebaran 2022.

Salah seorang petugas keamanan Pasar Tanah Abang, Lutfi (40) mengatakan, pasar grosir terbesar di Jakarta yang menjual serba-serbi pakaian dan barang lainnya itu telah ditutup sejak Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M. Setelah libur panjang itu, pasar tersebut akan kembali dibuka pada esok hari.

"Besok awal pembukaan toko setelah libur Lebaran. Biasanya hari pertama melakukan halal bihalal," papar Lutfi kepada MNC Portal Indonesia, di Pasar Tanah Abang, Minggu (8/5/2022).

Baca juga: Jelang Lebaran, Omzet Pedagang Pasar Tanah Abang Tembus Rp50 Juta per Hari

Sebelum pembukaan pasar tersebut, jajaran petugas kebersihan melakukan persiapan dengan membersihkan tiap toko yang ada di luar maupun dalam gedung. Hal itu dilakukan rutin setiap tahun pasca libur Lebaran. "Sekarang biasa rutinitas tiap tahun bersih-bersih," imbuh Lutfi.

Lutfi menyebut, pada hari pertama pembukaan pasar tersebut diprediksi tidak akan dipadati pembeli. Pasalnya, situasi dan kondisi di pasar tersebut belum normal setelah libur panjang. "Seperti biasa awal pembukaan toko diperkirakan belum terlalu ramai. Masih belum normal," kata Lutfi.

Salah seorang penjual Rendi (20) mengatakan, dirinya tetap berjualan meski pasar tersebut belum dibuka kembali. Dia memilih berjualan di pinggir jalan di halaman Pasar Tanah Abang. Menurut Rendi, untuk pembeli masih ada meskipun hanya beberapa. Sebab itu, untuk barang yang bisa terjual tidak terlalu banyak dan tak menentu.

"Jualan di sini dari 2010, untuk pembeli Alhamdulillah ada saja. Kadang enggak menentu perharinya, kalau ramai itu bisa lebih sekodian, tapi kalau sepi paling enam potong," ucap Lutfi.

(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2228 seconds (10.177#12.26)