Bantu Kesejahteraan, KSOP dan Buruh Pelabuhan Marunda Deklarasi Koperasi

Kamis, 14 April 2022 - 01:45 WIB
loading...
Bantu Kesejahteraan, KSOP dan Buruh Pelabuhan Marunda Deklarasi Koperasi
Ratusan buruh bongkar muat yang berada di Pelabuhan Marunda, Cilincing Jakarta Utara mendeklarasikan Koperasi. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan kaum buruh. Ratusan buruh bongkar muat yang berada di Pelabuhan Marunda, Cilincing Jakarta Utara mendeklarasikan Koperasi.

Koperasi yang diberi nama Jasa Bangkit Juang Abadi nantinya akan mewadahi aspirasi para buruh bongkar muat Pelabuhan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Koordinator Lingkar Buruh Koperasi Jasa Bangkit Juang Abadi, Rasyidi (63) menuturkan terdapat 700 buruh yang bergabung di Koperasi Jasa Bangkit Juang Abadi.

“Keberadaan koperasi ini untuk mengawal dan memperjuangkan aspirasi para buruh serta juga memberikan dukungan,” kata Rasyidi saat dikonfirmasi pada Rabu (13/4/2022).

Adapun pembentukan koperasi ini, dijelaskan Rasyidi merupakan gagasan dari buruh bersama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda untuk kepentingan bersama.“Koperasi ini juga ikut mengadvokasi buruh bila menghadapi masalah dengan pengusaha dan pemangku kebijakan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda, Isa Amsyari menyambut baik keberadaan koperasi tersebut bagi kepentingan para buruh di pelabuhan bongkar muat.

"Ini wadah menyampaikan aspirasi para buruh pelabuhan. Dengan keberadaan koperasi jasa ini akan lebih teratur dan tertib manajemen buruh di kawasan ini," ucapnya.

Isa berharap dengan hadirnya Koperasi jasa ini, kesejahteraan buruh bisa diperhatikan dan termasuk dapat membantu menyelesaikan persoalan antara buruh dan pengusaha.

“Dengan koperasi ini dapat mengakomodir peluang kerja masyarakat lokal sekitar perusahaan sehingga bisa minimalisir gesekan dengan masyarakat lokal,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)