Lewat Aplikasi, Madrasah di Jakarta Siap Percepat Program Digitalisasi

Kamis, 24 Maret 2022 - 21:02 WIB
loading...
Lewat Aplikasi, Madrasah di Jakarta Siap Percepat Program Digitalisasi
Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta bekerja sama dengan Infradigital menyelenggarakan program Jakarta Madrasah Digital Awards yang dimulai pada tahun 2022. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Perkembangan industri 4.0 yang dinamis mempengaruhi segala sektor beserta kebutuhannya termasuk pendidikan. Maka itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta bekerja sama dengan Infradigital menyelenggarakan program Jakarta Madrasah Digital Awards yang dimulai pada tahun 2022.

Program ini bertujuan memenuhi percepatan dan pemerataan digitalisasi madrasah di wilayah Jakarta. Program telah diresmikan melalui perjanjian kerja sama yang bertepatan dengan Rapat Kerja Kemenag Tahun 2022 dan Rakor Kemenag Bidang Pendidikan Madrasah di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (21/3/2022).
Baca juga: Madrasah dalam UU Sisdiknas

“Saya sangat bangga dan senang dengan Kanwil Kemenag DKI Jakarta yang hari ini juga melaksanakan MoU untuk program transformasi digital,” ujar Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani pada peluncuran program Madrasah Digital DKI Jakarta Tahun 2022 ditandai pemukulan gong oleh Sekjen Kementerian Agama Nizar Ali.

Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar mengatakan DKI Jakarta menjadi awal, barometer, sekaligus server transformasi digital melalui madrasah. Sebab, seluruh madrasah di Jakarta pada tingkatan MA, MI, MTs sudah melek digital.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan Infradigital. Program ini juga merupakan salah satu prioritas Menteri Agama yang justru kita berada di tengah era industri mau tidak mau dunia digitalisasi akan terus kita geluti karena prinsipnya digitalisasi untuk memudahkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Infradigital telah membantu percepatan digitalisasi pada ribuan madrasah di Indonesia. Ian McKenna selaku CEO Infradigital menjelaskan program ini akan menunjang pemerataan digitalisasi yang disertai dengan pelatihan dan pendampingan sehingga mempermudah seluruh madrasah untuk Go-Digital.

“Kami di Jaringan IDN bangga sekali bisa ikut berpartisipasi dengan program dan visi Kanwil Kemenag DKI Jakarta. Kami berkomitmen menjadi partner pelatihan dan pendampingan digitalisasi madrasah di tahun 2022 dan 2023,” kata Ian.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag DKI Jakarta Nur Pawaidudin menuturkan pandemi menjadi berkah untuk percepatan digitalisasi. Dia menargetkan 95 persen madrasah di Jakarta, khususnya swasta untuk dapat digitalisasi dan dapat menerapkan blended learning. Tujuannya agar digitalisasi menjadi alat pendukung meningkatkan kualitas pendidikan yang dibarengi dengan berakhlakul karimah.
Baca juga: Menag Minta Madrasah Perkuat Moderasi Beragama

Dia juga mengajak madrasah di wilayah lainnya untuk digitalisasi. “Kepada rekan Kemenag Kabupaten/Kota, Kasi Pendma Kabupaten/Kota, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta, ayo dukung program GusMen program Kemenag tentang transformasi digital. Infradigital hadir untuk mendukung program GusMen,” ujarnya.

Program Jakarta Madrasah Digital Awards terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan yang wajib diikuti tiap jenjang yaitu MA, MI, MTs, dan RA. Rangkaian kegiatannya dimulai dari webinar sosialisasi program secara daring, pelatihan dan pendampingan berkelanjutan secara luring, kampanye madrasah digital, survei digitalisasi madrasah untuk memetakan kondisi digitalisasi madrasah di kota/kabupaten, visitasi penilaian madrasah, hingga acara puncak penghargaan Jakarta Madrasah Awards Tahun 2022.

Pada acara puncak penghargaan, terdapat kategori penghargaan terbaik yang akan diumumkan. Kategori tersebut antara lain kantor Kemenag kota/kabupaten terbaik, operator madrasah digital terbaik, tata usaha keuangan terbaik tiap jenjang, madrasah favorit tiap kota/kabupaten, dan madrasah digital terbaik tiap jenjang.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)