Kapolda Metro Jaya Sidak ke Mal, Pantau Penerapan Protokol Kesehatan

Selasa, 16 Juni 2020 - 22:28 WIB
loading...
Kapolda Metro Jaya Sidak ke Mal, Pantau Penerapan Protokol Kesehatan
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mendatangi sejumlah mal dan pasar di Jakarta untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan dalam memasuki tatanan normal baru atau new normal. SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mendatangi sejumlah mal dan pasar di Jakarta untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan dalam memasuki tatanan normal baru atau new normal. Beberapa mal yang disambangi Kapolda, antara lain Gandaria City, Senayan City, Pasar Tanah Abang, dan Plaza Indonesia.

Nana memutari sejumlah sudut di tempat perbelanjaan ingin memastikan pengelola telah menerapkan protokol kesehatan. "Kami melakukan pengecekan bagaimana kesiapan daripada kesiapan mal. Ini untuk masalah protokol kesehatan sudah dilaksanakan," kata Nana di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (16/6/2020).

Dia mengatakan, pengelola mal memiliki kewajiban untuk menyiapkan protokol kesehatan kondisi pandemi. "Kewajiban ini untuk memutus mata rantai dan persebaran COVID-19 di ruang publik," ujar Nana. (Baca juga; Mal di Depok Buka Kembali, Pengelola Perketat Protokol Kesehatan )

Dari hasil peninjauannya, Nana mengatakan, pengelola mal maupun pasar sudah menjalani protokol kesehatan. Bahkan ada para pengelola menerapkan sistem one way kepada para pengunjung yang datang. "Ini agar masyarakat tidak saling berselisihan saat jalan," tuturnya.

Kemudian untuk pengguna lift juga sudah tidak perlu lagi menekan dengan jari tangan. Tetapi dengan mendekatkan tangan sesuai dengan tujuan lantainya. Selanjutnya, di mal juga sudah ada tim medis atau dokter yang siaga.

Ini sebagai bentuk upaya pemberian pertolongan pertama jika ada pengunjung yang jatuh tak sadarkan diri. "Tentunya physical distancing juga tetap diperhatikan oleh pengelola," tegas Nana yang mengenakan masker ini. (Baca juga; Dua Petugas Satpol PP Berjaga di Tiap Mal Ibu Kota )

Jenderal bintang dua ini mengimbau kepada masyarakat agar tetap memerhatikan anjuran Pemerintah jika datang ke mal dan pasar. Sebab, kebijakan dengan dibukanya mal dan pasar oleh Pemerintah ini harus dimanfaatkan secara baik.

"Sampai saat ini pandemi virus Corona ini belum selesai. Kita masih menghadapi masa Transisi PSBB menuju new normal atau tatanan kehidupan baru," tutupnya. Turut mendampingi Kapolda Metro, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)