Dandim 0510 Tigaraksa Sita Seragam TNI Milik Kades Wanakerta

Jum'at, 11 Maret 2022 - 20:31 WIB
loading...
Dandim 0510 Tigaraksa Sita Seragam TNI Milik Kades Wanakerta
Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Bangun Siregar langsung bergerak cepat menyita baju seragam TNI milik Kepala Desa Wanakerta Lurah Tumpang Sugian. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Komandan Distrik Militer ( Dandim ) 0510/Tigaraksa Letkol Inf Bangun Siregar langsung bergerak cepat menyita baju seragam TNI milik Kepala Desa Wanakerta Lurah Tumpang Sugian. Penyitaan ini untuk mencegah dipakai lagi dan disalahgunakan.

Oknum kades di Kabupaten Tangerang mengenakan seragam TNI ini sempat viral di media sosial. Letkol Inf Bangun Siregar mengatakan, langsung memerintahkan anggotanya untuk melacak keberadaan seragam TNI tersebut dan meminta Lurah Tumpang Sugian (LTS) membuat surat pernyataan permohonan maaf.
Baca juga: Kunjungi Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Diajak Keliling Mabes TNI AD

"Kami berharap agar LTS tidak mengulangi perbuatannya lagi, karena secara prosedur yang tertuang di dalam aturan pemakaian seragam TNI resmi oleh sipil tidak dibenarkan, hanya untuk prajurit aktif," ujarnya, Jumat (11/3/2022).

Penggunaan seragam maupun atribut TNI hanya diperuntukkan bagi jajaran anggota yang masih aktif. Bagi yang sudah pensiun/purnawirawan pun masih diatur. Jika saat Diklat resmi pihaknya masih memaklumi, itu pun tidak boleh memakai tanda kepangkatan.

"Saat ini kami hanya melakukan teguran saja. Kami juga memahami karena mungkin LTS bangga memakai seragam TNI karena usai dididik selama dua minggu di Pusdik Infanteri di Bandung. Lembaga pendidikan terhormat TNI AD, namun tetap saja tindakan tersebut tidak benar," ujar Bangun.

Dia berharap kades bisa menerapkan dan mengaplikasikan ilmu kepemimpinan yang diperolehnya dari lembaga pendidikan Infanteri dengan benar dan baik kepada masyarakat karena tidak semua pemimpin punya kesempatan dilatih di lembaga yang hebat itu. Kehormatan itu tidak sebatas pakaian tetapi kinerja bagus sesuai amanah yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Pelayanan yang baik sebagai kades kepada masyarakat itulah kebanggaan yang ditunggu dari para pelatih, warga, dan kita semua," ucapnya.

Sebagai Dandim, dia akan lebih bangga dan lebih hormat bila para kades di Kabupaten Tangerang alumni Pusdikif Bandung 2022 bisa bekerja giat, benar, dan dicintai rakyatnya, memiliki kedisiplinan dalam bekerja melayani masyarakat.
Baca juga: Panglima TNI Apresiasi Profesionalisme Prajurit TNI dan Anggota Polri kepada NKRI

Kades Wanakerta Lurah Tumpang Sugian ( LTS) dalam videonya meminta maaf dari hati sanubari yang paling dalam atas kesalahannya kepada anggota TNI seluruh Indonesia. Alasan dirinya memakai baju seragam TNI karena sangat bangga usai dididik di Pusdikif Cimahi Bandung.

"Kami meminta maaf kepada seluruh anggota TNI dan baju seragam TNI yang saya pakai merupakan kebanggaan saya setelah didik di Pusdikif Cimahi Bandung," ungkapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)