Wagub Ariza Sebut Konflik Rusia-Ukraina Bakal Berdampak pada Pasokan Gandum

Sabtu, 05 Maret 2022 - 00:04 WIB
loading...
Wagub Ariza Sebut Konflik Rusia-Ukraina Bakal Berdampak pada Pasokan Gandum
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyinggung konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina berdampak pada kelangkaan salah satu industri pangan di Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyinggung konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina berdampak pada kelangkaan salah satu industri pangan di Indonesia. Salah satunya adalah gandum.

Ariza, sapaan akrabnya menjelaskan memang banyak faktor yang menyebabkan naiknya harga bahan baku pokok atau sembako di Indonesia. "Tentu banyak sekali faktornya, ya. Ada kebutuhan yang tinggi, pasokan yang kurang, faktor cuaca dan lain sebagainya," ujar Ariza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (4/3/2022).



Dia mengatakan konflik yang terjadi di Ukraina sedikit banyaknya akan berdampak serius bagi Indonesia. Menurutnya, hal tersebut akan terasa beberapa waktu ke depan.

"Apalagi nanti ada lagi faktor lain nanti yang sekarang mungkin belum dirasakan terhadap Ukraina yang perang dengan Rusia itu," ucap Ariza.

Ariza menuturkan Indonesia mendapatkan pasokan impor gandum yang besar dari Ukraina. Namun, jika peperangan terus berkecamuk kelangkaan gandum tentunya akan menghantui Tanah Air.

"Kita itu mengimpor bahan gandum yang besar sekali dari Ukraina, ya. Itu juga nanti berdampak," ucapnya.

Politikus Gerindra ini berharap Indonesia mampu menghadapi segala kemungkinan yang ada, termasuk ketersediaan sembako. "Mudah-mudahan sampai hari ini masih bisa tercukupi dari stok yang ada," tutur Ariza.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)