Puluhan Tahun Kumuh, Pasar Cisarua Puncak Kini Tertata Rapi dan Luas

Sabtu, 26 Februari 2022 - 20:34 WIB
loading...
Puluhan Tahun Kumuh, Pasar Cisarua Puncak Kini Tertata Rapi dan Luas
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan Pasar Cisarua, Sabtu (26/2/2022). Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Pasar Cisarua, Puncak , Kabupaten Bogor yang puluhan tahun kumuh kini bersih dan tertata rapi. Bahkan Pasar Cisarua kini menjadi yang terluas di Jawa Barat setelah direvitalisasi dengan biaya Rp29 miliar.

"Dengan bangga gembira di hari ini pasar terluas di Jawa Barat, Pasar Cisarua, yang puluhan tahun kumuh dan tidak tertata, sekarang mayoritas sudah jauh lebih baik dengan pembangunan baru pasar di sini yang sangat luar biasa," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Pasar Cisarua, Sabtu (26/2/2022).



Pembiayaan revitalisasi Pasar Cisarua bersumber dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp23 miliar dan dana Pemkab Bogor Rp6 miliar.
Ridwan Kamil menjanjikan akan terus memperbaiki dan memperluas pasar-pasar di wilayahnya. Pasar yang belum Standar Nasional Indonesia (SNI) akan diurus, sedangkan yang kumuh akan dirapikan.

"Kita membangun terus perluasan pasar di seluruh Jawa Barat, untuk membangkitkan ekonomi rakyat, yang tadi saya sebut aman terkendali. Mudah-mudahan seluruhnya begitu. Mudah-mudahan ekonomi Jawa Barat bangkit. Kita sudah tumbuh ekonominya, tolong dicatat, 3,74 persen lebih tinggi dari pada pertumbuhan ekonomi nasional," tandasnya.

Melalui revitalisasi tersebut Ridwan Kamil ingin meningkatkan eksistensi pasar tradisional dengan menyediakan pasar bersih dan rapih. Sebab kelompok masyarakat menengah ke atas cenderung sungkan ke pasar tradisional dengan alasan kebersihan.

"Ini ingin kita wujudkan, salah satunya seperti yang sekarang kita lakukan, kolaborasi dengan Kabupaten. Jadi nanti ada anak muda Cisarua bisa bikin acara bazaar dan sebagainya di Pasar Cisarua ini. Apalagi sudah ada semacam tempat food court. Saya yakin Bu Ade (Bupati Bogor) sedang bahagia, karena bahagian pemimpin mah kalau sudah meresmikan- meresmikan, berarti kerja tuntas dan beres," ungkap Ridwan Kamil.

Baca juga: Rest Area Gunung Mas Puncak Rampung Dibangun, PUPR: Siap Ditempati 516 PKL

Ridwan Kamil berharap Pasar Cisarua ini menjadi pasar unggulan yang ada di wilayah Jawa Barat, terlebih berada di kawasan wisata Puncak.
"Nanti suatu hari dari sini sampai depan sudah bagus, kita buat mau ada merchandise, kerajinan, dan lain-lain. Sehingga semuanya one stop shopping di sini dengan suasana kearifan lokal," katanya.

Bupati Bogor Ade Yasin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terwujudmya revitalisasi Pasar Cisarua melalui bantuan keuangan dan dana Pemulihan Ekonomi Nasional Provinsi Jawa Barat tahun 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)