Pandemi Covid-19, Komunitas Gelar Kontes Rutin Tingkatkan Pecinta Louhan di Cibinong

Rabu, 16 Februari 2022 - 23:07 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, Komunitas Gelar Kontes Rutin Tingkatkan Pecinta Louhan di Cibinong
Louhan, ikan hias dengan ciri punuk berdaging di bagian kepala kerap dianggap sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran. Foto: MPI/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Louhan , ikan hias dengan ciri punuk berdaging di bagian kepala kerap dianggap sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran. Ikan jenis ini menjadi salah satu favorit ikan hias di masa pandemi Covid-19 .

Guna menjaga antusiasme masyarakat, Perhimpunan Pecinta Louhan Bogor (P2LB) bersama Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) UPT Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), konsisten mengadakan kontes ikan louhan yang berlokasi di Raiser Ikan Hias Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Kontes ikan hias Louhan merupakan salah satu media promosi dan publikasi yang efektif di tengah pandemi Covid-19 untuk meningkatkan peminat ikan hias," terang Direktur Jenderal PDSPKP Artati Widiarti di Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Melalui kegiatan ini, Artati ingin menunjukkan kepada masyarakat, sektor kelautan dan perikanan, khususnya ikan hias, bisa diakses oleh siapapun. Tak terkecuali warga yang tinggal di perkotaan atau bahkan di perkampungan lantaran perawatannya bisa dilakukan pada kolam di dalam rumah.

"Harapannya, dengan bertambahnya peminat ikan hias khususnya ikan hias Louhan, dapat turut menumbuhkembangkan pelaku usaha baru yang berdampak pada peningkatan perekonomian di tengah masyarakat kita," sambungnya.

Sementara Kepala BBP3KP Widya Rusyanto menambahkan, Kontes Ikan Louhan Regional Bogor Championship #1 telah sukses digelar pada 9-13 Februari 2022 di Raiser Ikan Hias Cibinong. Kontes ini diikuti 294 peserta dari wilayah Jabodetabek yang terbagi menjadi 17 kelas.

“Kami selalu berusaha mendukung kegiatan para pelaku usaha dan penghobi ikan hias yang dalam hal ini adalah memfasilitasi komunitas untuk melaksanakan kegiatan kontes,” kata Widya.

Widya menambahkan, kontes ini akan digelar secara rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan komunitas dengan menggunakan sistem liga.



Para penggemar dan pelaku usaha ikan Louhan yang tergabung dalam P2LB mengaku senang dengan dukungan dan fasilitasi dari KKP pada gelaran kali ini. Tak terkecuali Ketua P2LB Regy Geriansyah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)