Kecamatan Makasar Usul Pembangunan Waduk untuk Tangani Banjir Luapan Kali Cipa

Minggu, 13 Februari 2022 - 17:34 WIB
loading...
Kecamatan Makasar Usul Pembangunan Waduk untuk Tangani Banjir Luapan Kali Cipa
Warga RW 04 Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, mengajukan pembangunan waduk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Warga RW 04 Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur , mengajukan pembangunan waduk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) tahun 2022. Pembangunan waduk itu untuk mengatasi banjir yang kerap melanda wilayah tersebut.

Hal demikian disampaikan oleh Camat Makasar Kamal Alatas. Selain mentatasi banjir, kata dia, guna menyelamatkan warga dari musibah tahunan yang kerap melanda akibat luapan Kali Cipa.

"Pembangunan dapat mengatasi masalah banjir di empat Kelurahan yang dialiri Kali Cipa," kata Kamal saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (13/2/2022).

Menurutnya, jika waduk sudah dibangun maka 6.000 kepala keluarga (KK) diprediksi bakal selamat dari banjir luapan Kali Cipa di sejumlah Kelurahan. Oleh karena itu, Alatas berharap usulan pembangunan waduk di lahan seluas 4.862 meter persegi dapat disetujui saat pembahasan di tingkat Pemkot Jakarta Timur dan Pemprov DKI Jakarta.



"Kita usulkan dalam Musrenbang. Sehabis ini akan kita tunggu arahan dari tingkat Kota, untuk pelaksanaan pembangunan waduk. Kami harapkan pembangunan bisa disetujui," ujarnya.

Kamal menuturkan, dalam usulan pada Musrenbang Kecamatan Makasar tahun 2022 terdapat 701 usulan, rinciannya 527 usulan fisik, 75 usulan nonfisik atau pelatihan keterampilan, 99 usulan pengadaan barang dengan total anggaran seluruh usulan Rp 184,9 miliar, seluruh usulan ini hasil dari pengajuan Musrenbang di tingkat masing-masing Kelurahan.

"Prioritas dalam usulan Musrenbang ini adalah pembuatan waduk yang berlokasi di RW 04, Kelurahan Pinang Ranti," tuturnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)