Profil AKBP Fitria Mega, Mantan Kapolsek Cempaka Putih Jadi Kapolres Perempuan Pertama di Jambi

Senin, 07 Februari 2022 - 09:59 WIB
loading...
Profil AKBP Fitria Mega, Mantan Kapolsek Cempaka Putih Jadi Kapolres Perempuan Pertama di Jambi
Kapolres Tebo Provinsi Jambi AKBP Fitria Mega. Foto/Istimewa/Dok Humas Polres Tebo
A A A
JAKARTA - Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fitria Mega menjadi perempuan polisi pertama yang menjadi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) di Provinsi Jambi. Sebelum menjabat Kapolres, Fitria sempat menjadi Kapolsek Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Fitria kini resmi sebagai Kepala Polres Tebo, setelah dilantik Kepala Polda Jambi Irjen A Rachmad bersama tiga pejabat lainnya di Markas Polda Jambi pada sehari sebelumnya, Kamis (6/1/2022) kemarin. Baca juga: Profil Dankormar Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto, Pemimpin Pasukan Elite TNI AL

Beberapa latar belakang di luar kepolisian, Fitria pernah juara karate tingkat Asia Tenggara dan penyandang gelar magister ilmu psikologi. Lulusan Sekolah Pembentukan Perwira Polri 2002 tersebut eks Kepala Unit PPA Polres Jakarta Selatan.

Kepala Polsek Sukmajaya, dan Kepala Polsek Cempaka Putih di jajaran Polda Metro Jaya, serta pernah menjabat Kepala Polsek di Serang di bawah Polda Banten. Bahkan, kiprahnya di wilayah hukum Polda Metro Jaya dengan berbagai prestasi.

Sebagai Kepolres, fokus utama Fitria adalah mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tebo. Hal itu karena masih ada beberapa kendala salah satunya jaringan komunikasi yang cukup sulit di daerah pelosok.

Meski begitu, dia akan bekerja keras untuk meningkatkan capaian itu. ”Fokus utama saya sebagai kepolres yang baru akan mengejar capaian vaksinasi Covid-19, semoga bisa tercapai,” kata Fitria dikutip SINDOnews dari Portal Polres Tebo, Senin (7/2/2022). Baca juga: Profil Brigjen TNI Ito Hediarto, yang Dicopot dari Jabatan Kakordos Seskoad

Dalam bekerja pada bagian internal Polres Tebo, dia akan menerapkan pola yang manusiawi namun tetap tegas kepada seluruh personel seperti dia menjabat kepala Polsek dahulu. Sebab, selama di Jabodetabek dia lebih mengedepankan sisi humanis.

”Dengan cara keibuan tapi tetap tegas kepada anggota dan saya juga akan berikan sentuhan untuk perintah dengan cara kekeluargaan kepada anggota untuk menjaga Khamtibmas di Tebo,” tegasnya. Baca juga: Profil AKBP Putu Kholis, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Pengungkap Kasus TPPU Sabu Lintas Negara Rp14,8 Miliar

Dibalik keanggunannya, perempuan kelahiran Jakarta Tahun 1977 merupakan Alumni PPSS Tahun 2002. Dia mempunyai enam saudara dan panutan sosok suami yang juga abdi negara sebagai Pamen Polri dan dikaruniai dua orang putri.

Kapolres Tebo ini juga punya segudang prestasi berupa Juara 1 Sea Games di Brunei Darussalam tahun 1999,juara 1 Pon XX Sidoarjo Jatim Ditahun 2000, Juara 2 Kejuaraan Pasifik di Singapura tahun 2000, dan juara 3 Kejuaraan Dunia Ladies Open Turnamen Tokyo Jepang tahun 1999.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1733 seconds (11.252#12.26)