Mengenang Tragedi 2 Hotel di Jakarta Jadi Sasaran Pengeboman

Jum'at, 28 Januari 2022 - 18:44 WIB
loading...
Mengenang Tragedi 2 Hotel di Jakarta Jadi Sasaran Pengeboman
Ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Dua hotel di Jakarta pernah menjadi sasaran pengeboman. Bom meledak di
Hotel JW Marriott (2003 dan 2009) serta Ritz-Carlton (2009) yang berada di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Akibat ledakan bom di JW Marriott dan Ritz-Carlton belasan nyawa melayang dan ratusan orang terluka. Kisah kelam itu terus membekas hingga kini. Sebagai kilas balik, berikut tragedi 2 hotel di Jakarta yang menjadi sasaran pengeboman dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (28/1/2022):
Baca juga: Sidang Munarman, Saksi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri Filipina Hadiri Baiat ISIS di Makassar

1. Hotel JW Marriott
Hotel JW Marriot menjadi sasaran pengeboman sebanyak 2 kali. Ledakan pertama terjadi pada 5 Agustus 2003. Ledakan menewaskan 14 orang dan menyebabkan 156 orang mengalami luka-luka.

Ledakan berasal dari bom mobil bunuh diri Toyota Kijang bernomor polisi B 7462 ZN yang dikendarai Asmar Latin Sani. Akibat peristiwa itu, Hotel JW Marriott ditutup selama 5 minggu.

Ledakan kedua terjadi pada 17 Juli 2009 tepatnya di bagian lobi hotel. Ledakan bom di Hotel JW Marriot ini terjadi hampir bersamaan dengan bom yang meledak di Hotel Ritz-Carlton.
Baca juga: Zulkarnaen, Dalang Bom Bali I Divonis 15 Tahun Penjara

2. Hotel Ritz-Carlton
Ledakan bom yang menimpa Hotel Ritz-Carlton terjadi pada Jumat, 17 Juli 2009. Insiden ini terjadi di waktu hampir bersamaan dengan ledakan bom di Hotel JW Marriott.

Akibat ledakan itu, bagian depan Hotel Ritz-Carlton hancur tepatnya di restoran yang terletak di lantai dua. Diketahui, pusat ledakan terjadi di Restoran Airlangga.
Pelaku ledakan di Ritz-Carlton adalah seorang perempuan setelah ditemukan jenazah perempuan yang hancur terkena ledakan.

Ledakan bom di JW Marriott dan Ritz-Carlton menyebabkan 9 orang tewas dan 50 orang lainnya terluka. Selain bom tersebut, terdapat sebuah bom serupa yang tidak meledak di kamar 1808 Hotel JW Marriott yang ditempati selama dua hari oleh tamu hotel yang diduga pelaku pengeboman.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2407 seconds (10.101#12.26)