Awal Tahun 2022, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob di Pesisir Tangerang

Jum'at, 31 Desember 2021 - 13:11 WIB
loading...
Awal Tahun 2022, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob di Pesisir Tangerang
BMKG memperingatkan warga yang tinggal di wilayah pesisir Tangerang terkait banjir rob. Foto: Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
TANGERANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memperingatkan warga yang tinggal di wilayah pesisir Tangerang. BMKG memprediksi bakal ada banjir rob di awal Januari 2022.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas I Tangerang Urip Setiyono mengatakan, potensi banjir rob disebabkan oleh adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan posisi bulan yang saat ini sedang dalam jarak terdekat dengan bumi.

"Adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan," ujar Urip kepada wartawan di Tangerang, Jumat (31/12/2021).



Urip melanjutkan, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam, dan perikanan darat.

"Beberapa wilayah pesisir Indonesia termasuk di pesisir Tangerang, diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," tuturnya.

Sebelumnya diketahui, banjir rob seringkali menerjang wilayah pesisir utara Tangerang. Pada awal November lalu, banjir rob bahkan menggenangi kampung Cheng In hingga kurun waktu satu Minggu. Banjir rob juga terjadi lagi di wilayah tersebut pada awal Desember lalu selama hampir satu Minggu.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)