Pimpin Apel Siaga Bencana, Wagub DKI Harap Penanganan Cepat, Tepat, dan Akurat

Kamis, 30 Desember 2021 - 06:46 WIB
loading...
Pimpin Apel Siaga Bencana, Wagub DKI Harap Penanganan Cepat, Tepat, dan Akurat
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto: Dok/MNC Portal Indonesia
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mewakili Gubernur Anies Baswedan memimpin kegiatan Apel dalam Rangka Penempatan Petugas Penanggulangan Bencana dan Pendistribusian Sarana Penguatan Penanggulangan Bencana atau Sarana Pendukung Musim Hujan di 5 Wilayah Kota Administrasi dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Apel tersebut berlangsung di Kantor BPBD Provinsi DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu 29 Desember 2021.

Wagub Ariza mengatakan, kegiatan Apel ini dilakukan untuk mengantisipasi puncak curah hujan tinggi dan potensi ROB, sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan sumber daya, dan sarana di tingkat wilayah. Hal ini berdasarkan pada prediksi cuaca yang telah disepakati oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pushidros TNI AL, dan unsur akademisi ITB, bahwa Jakarta akan mengalami puncak curah hujan tinggi dan berpotensi terjadi ROB pada bulan Januari-Februari 2022.

"Hari ini dengan pelaksanaan penempatan petugas penanggulangan bencana dan pendistribusian sarana pendukung menghadapi musim hujan diharapkan dapat menambah kekuatan Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan bencana khususnya genangan/banjir. Sumber daya manusia dan peralatan yang telah didistribusikan agar dapat diberdayakan secara maksimal, sehingga penanganan bencana dapat dilakukan secara cepat, tepat, dan akurat," kata Ariza dalam sambutannya.

Dalam penanggulangan bencana, sambung Ariza, diperlukan sinergitas multi pihak dan kolaborasi pentahelix antara pemerintah, TNI-Polri, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media massa, agar penanganan bencana dapat dilakukan dengan optimal.

"Prioritas Pemprov DKI Jakarta dalam penanggulangan bencana ada dua hal, yaitu memastikan tidak ada korban jiwa; mitigasi bencana melalui Siaga, Tanggap dan Galang. (Kedua) recovery, percepatan memulihkan kondisi kembali normal sehingga semua yang terdampak dapat menjalani kehidupan yang biasa dengan baik," paparnya.

Politisi Partai Gerindra itu pun menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas pengabdian sebagai pejuang kemanusiaan selama ini.



"Teruslah berbuat kebaikan dan bantuan kepada masyarakat. Terutama pada masa pandemi Covid-19 dan kegiatan lainnya dalam upaya mitigasi risiko bencana yang bisa datang kapan saja. Wujudkan kesiapsiagaan kita, dengan 3 (tiga) kata kunci "SIAGA TANGGAP, GALANG” dengan tetap menerapkan 3 (tiga) protokol Kesehatan (3M)," terangnya.

Sekadar informasi, dalam kegiatan Apel tersebut, Ariza secara simbolismelakukan Penempatan Petugas Penanggulangan Bencana sebanyak 170 petugas pada lima Wilayah Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian penyerahan Sarana Pendukung Menghadapi Musim Hujan pada lima Wilayah Kota dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta dengan rincian :

• Perahu PE: sebanyak230 unit
• Ring Buoy: sebanyak460 buah
• Senter Jinjing: sebanyak 1.000 buah
• Tenda Pengungsi: sebanyak70 unit
• Velbed: sebanyak720 buah
• Bilik Isolasi: sebanyak700 buah

Para petugas dan sarana yang didistribusikan ini nantinya akan disebar pada masing-masing kecamatan dan kelurahan pada setiap wilayah kota. Hal ini untuk penguatan sumber daya penanggulangan bencana sebagai upaya kesiapsiagaan Pemprov DKI Jakarta dalam menghadapi musim hujan.

Pelaksanaan kegiatan Apel ini bentuk ikhtiar dari berbagai unsur masyarakat dalam rangka menghadapi musim hujan, dengan dua indikator penanganan banjir di Jakarta yakni banjir surut dalam kurun waktu enam jam setelah hujan selesai dan tidak adanya korban jiwa atau zero loss, seperti yang telah disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan tanggal 13 Oktober 2021.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)