Bantu Permudah Evakuasi Korban Semeru, Satgas Tanggap Bencana DKI Dirikan Posko

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:49 WIB
loading...
Bantu Permudah Evakuasi Korban Semeru, Satgas Tanggap Bencana DKI Dirikan Posko
Tim Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI Jakarta mendirikan posko untuk mempermudah proses pemberian bantuan bagi warga penyintas erupsi Gunung Semeru. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja
A A A
LUMAJANG - Tim Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI Jakarta mendirikan posko di Jalan Raya Pasirian, Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Hal ini untuk mempermudah proses pemberian bantuan bagi warga penyintas erupsi Gunung Semeru.



Posko dibangun di atas lahan kosong, terdiri atas dapur umum untuk petugas, tenda petugas, dan tenda peralatan. Pendirian posko dilakukan sejak Rabu (8/12/2021) dengan dibantu warga sekitar.

Warga berkolaborasi dalam proses pendirian posko, mulai dari menyediakan peralatan yang dibutuhkan personel dan menyuplai air bersih. Termasuk membangun jalan untuk akses keluar masuk posko, sehingga memudahkan mobilitas kendaraan.

Salah satu warga Desa Jarit, bernama Bokir (35 tahun) mengaku dirinya dan warga tergerak untuk membantu tim Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana DKI Jakarta mendirikan posko.



Menurut Bokir, kepedulian Satgas DKI Jakarta kepada masyarakat Lumajang yang tertimpa musibah erupsi Gunung Semeru membuat dirinya terpanggil untuk ikut membantu.



“Saya bersama warga sekitar terpanggil dan niat, dari hati membantu. Karena Jakarta peduli dengan warga korban bencana Semeru, khususnya di Lumajang. Pokoknya warga Jarit siap membantu apa yang dibutuhkan tim dari DKI selama bertugas di sini,” ucap Bokir.

Kepala Perlindungan Masyarakat Satpol PP DKI Jakarta Atok Baroni Hidayat sangat mengapresiasi inisiatif warga yang secara sukarela membantu tim mendirikan posko. Menurut Atok, bencana yang datang menimpa bukan tanggung jawab sendiri, tapi tanggung jawab bersama untuk dituntaskan dan diselesaikan bersama. Atok menilai, kegiatan mendirikan posko bersama warga sekitar ini merupakan wujud kolaborasi dalam misi kemanusiaan.

“Saya melihat warga pedulinya luar biasa kepada kita. Meski kita tidak saling kenal, tapi ketulusan dan keikhlasan kita membantu korban bencana dibaca oleh mereka. Kita datang ke sini dengan tujuan mulia, mereka merespons dengan baik. Kita diberikan jalur untuk posko supaya kita mudah melakukan gerakan dan kegiatan lainnya. Bahkan mereka menawarkan untuk petugas istirahat di rumah mereka. Apresiasi sangat besar kepada mereka,” ungkap Atok.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2911 seconds (0.1#10.140)