762 Personel Gabungan Disiagakan, Dandim 0508/Depok: Agar Natal Berjalan Aman dan Khusyuk

Sabtu, 25 Desember 2021 - 02:27 WIB
loading...
762 Personel Gabungan Disiagakan, Dandim 0508/Depok: Agar Natal Berjalan Aman dan Khusyuk
Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar bersama Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunte melakukan pemantauan di gereja. Foto: Koran SINDO/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Sebanyak 762 personel gabungan disiagakan untuk pengamanan perayaan Natal di ratusan gereja yang ada di Kota Depok. Ratusan personel gabungan terdiri dari TNI-Polri, Pemkot, dan ormas itu disiagakan hingga Tahun Baru 2022.

“Kekuatan yang digunakan dalam rangka pengamanan ini kurang lebih 762 gabungan. Total ada 100 lebih gereja,” kata Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar, Jumat 24Desember 2021.

Pengamanan digelar hingga awal tahun 2022 untuk menjaga pelaksanaan ibadah pada malam pergantian tahun di gereja. Jumlah personel yang dikerahkan di satu gereja ditentukan dari banyak tidaknya jemaat.



“Kita lihat, pokonya nggak sama kekuatannya. Mana gereja yang jemaahnya banyak itu kita pertebal kekuatannya. Tapi mayoritas kira-kira 30an,” tukasnya.

Pengamanan yang dilakukan juga dengan patroli keliling yang dilakukan pasukan Brimob. “Biasanya Brimob sifatnya mobile,” tambahnya.

Selain itu, pihak gereja juga diminta melakukan pengamanan internal. Jemaat yang datang dilakukan pemeriksaan serta menyiagakan Satgas Covid juga.

“Jadi hasil rapat kita dengan pimpinan-pimpinan gereja di Depok, kita tetap mengimbau melakukan pengamanan internal, memeriksa para jemaah dan juga ada mereka menyiapkan Satgas Covid mereka juga,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunte menambahkan, dari hasil pemantauan, pelaksanaan di Depok berjalan lancar dan aman. Pemantauan yang dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang menjalankan ibadah.

“Malam Natal ini, hari ini saya (Dandim) beserta Kapolres dan jajaran melaksanakan pengamanan di titik-titik pelaksanaan ibadah dalam rangka menjamin dan meyakinkan pelaksanaan ibadah hari ini berjalan aman, lancar sehingga saudara-saudara kita yang beragama Nasrani bisa lebih tenang, lebih khusyuk dan nyaman untuk melaksanakan ibadah,” katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2419 seconds (0.1#10.140)