Deretan Penghargaan di Era Anies Baswedan 2021, Nomor 1 Bikin Wow

Sabtu, 25 Desember 2021 - 06:04 WIB
loading...
Deretan Penghargaan di Era Anies Baswedan 2021, Nomor 1 Bikin Wow
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih sederet penghargaan selama 2021. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2017 silam, Anies Rasyid Baswedan berusaha memberikan inovasi untuk kemajuan Ibu Kota . Dalam kepemimpinannya, Anies telah membawa DKI Jakarta meraih sejumlah penghargaan .

Berikut deretan penghargaan di era Anies Baswedan sepanjang 2021.

1. Pahlawan 21 Heroes 2021

Deretan Penghargaan di Era Anies Baswedan 2021, Nomor 1 Bikin Wow


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam jajaran pahlawan transportasi dunia tahun 2021 atau 21 Heroes 2021. Penghargaan ini diberikan oleh Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

21 Heroes 2021 merupakan penghargaan yang diberikan oleh 21 tokoh dunia yang mampu mengembangkan sistem transportasi urban berkelanjutan di tengah tantangan global dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Selain Anies Baswedan, dalam jajaran pahlawan versi TUMI itu juga ada CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk.

Menurut TUMI, selama kepemimpinan Anies di Jakarta telah mengalami peningkatan dalam segi transportasi umum massal selama pandemi Covid-19. Salah satunya adalah integrasi Bus Rapid Transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko.

2. Sustainable Transport Award 2021

Deretan Penghargaan di Era Anies Baswedan 2021, Nomor 1 Bikin Wow


DKI Jakarta berhasil memenangkan penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Ibu Kota Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi.

Di antara inovasi tersebut adalah mengintegrasikan mikrobus (angkot) dengan layanan Transjakarta, menghadirkan MRT Jakarta dan LRT Jakarta, mengintegrasikan layanan transportasi baik fisik maupun pembayaran, penataan kawasan transportasi publik milik DKI Jakarta dengan perusahaan transportasi publik milik negara, dan mengembangkan bus listrik yang ramah lingkungan.
Torehan prestasi ini menjadikan Jakarta sebagai kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA.

3. KPPU Award 2021

Deretan Penghargaan di Era Anies Baswedan 2021, Nomor 1 Bikin Wow

Foto:arizapatria

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat penghargaan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU Award 2021. Program tersebut merupakan bagian dari kegiatan Diseminasi Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan.

Penghargaan ini secara simbolis diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan diterima oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria pada Selasa 14 Desember 2021. Menurut Riza, penghargaan ini sebagai pemacu Pemprov DKI Jakarta untuk terus berusaha melakukan koordinasi dan harmonisasi kebijakan yang ada. Terutama, prinsip persaingan usaha yang sehat pada kebijakan ekonomi yang diambil, peningkatan tumbuh kembang pelaku usaha UMKM yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

4.IDC Future Enterprise Awards 2021

Deretan Penghargaan di Era Anies Baswedan 2021, Nomor 1 Bikin Wow


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Jakarta Smart City meraih penghargaan kategori "Best in Future of Digital Innovation" dalam ajang IDC Future Enterprise Awards 2021. Inovasi yang dilakukan Jakarta Smart City adalah JAKI (Jakarta Kini).

JAKI merupakan platform layanan digital warga yang dapat memudahkan dan membawa kebahagiaan untuk warga Jakarta. JAKI terpilih di antara lebih dari 1.000 proposal di kawasan Asia Pasifik. Kemenangan ini membawa Jakarta Smart City maju sebagai perwakilan Indonesia untuk merebut posisi terbaik di tingkat regional Asia Pasifik.

5. Top Digital Awards 2021

Deretan Penghargaan di Era Anies Baswedan 2021, Nomor 1 Bikin Wow


Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI meraih lima penghargaan dalam ajang Top Digital Awards 2021. Kelima penghargaan tersebut yakni, Top Digital Implementation 2021 Level Stars 5 untuk Pemprov DKI; dan Top Leader on Digital Implementation 2021 untuk Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selanjutnya, Top CIO on Digital Implementation 2021 untuk Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania; Top Digital in Public Service & Smartcity Solution 2021 untuk Pemprov DKI; dan Top IT Manager on Digital Implementation 2021 untuk Kepala BLUD Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha.

Anies mengatakan, semua penghargaan ini dibayar dengan menggunakan kerja keras ribuan jajaran Pemprov DKI dan kolaborasi warga dalam membangun ekosistem digital yang baik di lingkungan Pemprov DKI. Penghargaan ini juga menjadi pendorong bagi kami untuk terus bekerja optimal memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga Jakarta.

“Pemprov DKI terus berinovasi di bidang teknologi digital. Salah satunya, aplikasi Jakarta Kini (JAKI) yang telah diunduh 2,5 juta pengguna,” kata Anies, dikutip dari akun Instagram miliknya, Jumat 24 Desember 2021.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)