Peringatan Dini BPBD DKI: Jakarta Timur dan Selatan Waspada Banjir

Jum'at, 24 Desember 2021 - 09:22 WIB
loading...
Peringatan Dini BPBD DKI: Jakarta Timur dan Selatan Waspada Banjir
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di DKI Jakarta pada hari ini, Jumat 24 Desember 2021. Foto: IG bpbddkijakarta
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di DKI Jakarta pada hari ini, Jumat 24 Desember 2021. BPBD memperingatkan warga ancaman banjir.

“Perlu diwaspadai potensi banjir pada tanggal 24 Desember 2021 di wilayah DKI Jakarta, yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan status Waspada Banjir,” tulis BPBD DKI Jakarta dalam akun Instagramnya.

Peringatan cuaca ekstrem tersebut berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk.

Baca juga: Plafon Lobi Mall Metropolis Town Square Ambruk Diterjang Hujan Badai

“Daerah tersebut merupakan daerah dengan tingkat historikal banjir tertinggi berdasarkan DIBI (Data Informasi Bencana Indonesia),” ungkapnya.

BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Baik hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es.

Hal ini dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi, diimbau agar waspada.

Baca juga: Detik-detik Penumpang Honda Jazz Berhasil Selamat dari Pohon Tumbang

Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku saku Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat melalui tautan http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir .

"Perbarui informasi mengenai Tinggi Muka Air (TMA) melalui tautan http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel . Segera laporkan lokasi/titik yang berpotensi atau mengalami genangan/banjir melalui aplikasi JAKI," pungkasnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1542 seconds (10.177#12.26)