Heboh Penampakan Awan Mirip Tornado di Tangsel, Begini Faktanya

Senin, 20 Desember 2021 - 10:34 WIB
loading...
Heboh Penampakan Awan Mirip Tornado di Tangsel, Begini Faktanya
Warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dihebohkan dengan penampakan awan menyerupai badai tornado. Foto: Ist
A A A
TANGERANG SELATAN - Warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dihebohkan dengan penampakan awan menyerupai badai tornado, Minggu (19/12/2021). Dalam video yang diunggah warganet ke media sosial, tampak awan tersebut berbentuk lingkaran.



Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan penampakan awan tersebut merupakan fenomena biasa. Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yanuar Henry Pribadi mengatakan, awan yang melingkar tersebut merupakan puting beliung jika mencapai permukaan tanah.



"Biasa terjadi dari awan-awan konvektif, seperti awan comulonimbus atau disebut CB dalam dunia ilmu meteorologi," ungkapnya.

Angin puting beliung umumnya terjadi pada kecepatan kurang lebih 70 meter per second jika menggunakan skala Fujita. Skala fujita adalah skala yang digunakan untuk kecepatan angin putar seperti angin tornado. Untuk di skala Fujita masuk ke dalam skala F0 yang menyebabkan kerusakan ringan.



Lantas apa perbebedaan angin puting beliung dengan tornado? Dikutip dari laman BMKG terdapat empat jenis fenomena pusaran atmosfer, yakni siklon, tornado, puting beliung, dan water spout.

Namun demikian, ukuran diameter tornado, puting beliung, dan water spout sama-sama berkisar pada ratusan meter. Sedangkan ukuran diameter siklon dapat mencapai ratusan kilometer.

Tornado terjadi di atas daratan, sedangkan siklon tropis di atas lautan luas. Siklon tropis yang memasuki daratan akan melemah dan kemudian mati.

Sementara puting beliung merupakan sebutan lokal untuk tornado skala kecil yang terjadi di Indonesia. Adapun water spout merupakan tornado yang terjadi di atas perairan, (dapat berupa danau maupun laut).
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)