Digelar 2 Minggu, Program JBL di Jakarta Selatan Raup Omzet Rp105 Juta

Jum'at, 10 Desember 2021 - 14:30 WIB
loading...
Digelar 2 Minggu, Program JBL di Jakarta Selatan Raup Omzet Rp105 Juta
Program Jumat Beli Lokal (JBL) di Jakarta Selatan melampaui ekspektasi para pelaku usaha dan penyelenggara acara. Foto: MNC Portal/Ari Sandita Murti
A A A
JAKARTA - Program Jumat Beli Lokal (JBL) di wilayah Jakarta Selatan melampaui ekspektasi para pelaku usaha dan penyelenggara acara. Dua minggu digelar, event tersebut mampu meraup omzet Rp105 juta dengan total penjualan 3.484 produk.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin bahkan menginginkan program JBL segera dipatenkan. Pasalnya, kegiatan yang digelar sejak 26 November dan berakhir pada 5 Desember 2021 itu menarik animo masyarakat yang cukup besar. Hal itu ditandai denganlaku nya berbagai produk yang dijajakan.

"Sistem penjualan yang bekerja sama dengan Tokopedia dikasih range waktu segitu dan sosialisasi yang masif tercapai hasil yang maksimal. Berarti kita minta nanti agar program ini, penjualan model kemarin itu, untuk diberikan ruang yang lebih lama lagi. Malah kalau bisa dipatenkan program itu," ujarnya kepada wartawan, Jumat (10/12/2021).

Menurutnya, dengan dipatenkan program tersebut nantinya masyarakat bisa membeli produk kapan saja. Tidak hanya itu, sia juga ingin melibatkan pelaku UMKM yang masuk Jakpreneur untuk diundang.

"Lokasi pelaku UMKM kan ada yang di kelurahan, makanya nanti itu menjadi tanggung jawab kita semua. Tidak hanya sudin pengampu saja," tambahnya.

Sementara itu, Kasudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jakarta Selatan Dedy Wibowo menerangkan, produk UMKM kini tidak kalah dengan produk yang sudah lebih dahulu terkenal. Baik dari segi kemasan dan rasa, produk itu berani untuk diadu.

"Produk UMKM dari Jakarta Selatan itu menjadi juara satu pada event yang digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. Itu ada produk Suwe Ora Jamu. Jadi dari 11 nominasi tiga produk itu milik Jakarta Selatan," terangnya.

Namun, kata dia, produk UKM disebutnya mempunyai kelemahan dalam segi promosi. Hal itulah kenapa pihaknya menggelar event untuk memperkenalkan ke masyarakat luas.

"Jaksel punya potensi bagus di sisi produk UMKM, cuma belum terekpose. Makanya kita berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendapatkan space agar produk ini dipromosi dan diperkenalkan ke publik," ujarnya.

Dedy mengaku jika produk UMKM sangat berpeluang masuk ke pasar internasional. Sederet produk telah memenuhi persyaratan dan mampu bersaing dengan produk luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6645 seconds (0.1#10.140)