Ini Kata Wagub DKI Soal Penanganan Banjir Rob di Jakarta Utara

Selasa, 07 Desember 2021 - 22:00 WIB
loading...
Ini Kata Wagub DKI Soal Penanganan Banjir Rob di Jakarta Utara
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza).Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memastikan penanganan banjir rob sudah dilakukan dengan baik oleh sejumlah petugas lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Pencegahan banjir rob skala besar pun tengah dikerjakan salah satunya dengan membangun tanggul laut yang dikerjakan oleh Pemerintah Pusat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan banjir rob telah tertangani dengan baik. Dalam menangani banjir rob, sejumlah petugas lintas SKPD sudah turun ke lokasi banjir rob untuk mengatasi hal tersebut.

“Banjir rob sudah kita tangani petugas dengan baik,” kata Ariza saat ditemui usai membuka acara silaturahmi dan dialog Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta di Hotel Sunlake, Jakarta Utara, Selasa (7/12/2021).

Menurut dia, pencegahan rob skala besar pun tengah dikerjakan salah satunya dengan membangun tanggul laut yang dikerjakan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Termasuk antisipasi terhadap warga terdampak rob, lanjut dia, dengan membujuk warga untuk tinggal di rumah susun (rusun) milik Pemprov DKI Jakarta.
“Terkait banjir rob memang di kawasan Jakarta Utara itu datarannya sangat rendah, apalagi saat ini musim hujan. Program terkait penanganan banjir rob itu adalah membuat tanggul laut. Alhamdulillah sudah berproses,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim memastikan pompa stasioner, pompa mobile, dan pompa apung di titik-titik lokasi rob telah difungsikan maksimal. Begitu pun proses evakuasi termasuk bantuan sosial serta penempatan petugas untuk mengatur pengalihan arus lalu lintas (lalin) yang telah berjalan agar aktivitas warga tetap berjalan.

“Jangan pernah lengah dan harus tetap waspada. Setelah air surut akan segera dilakukan pembersihan saluran agar aliran air lancar menuju ke laut. Untuk air laut yang tertinggal di daerah mangkok akan kita fungsikan pompa," ucap Ali.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2627 seconds (0.1#10.140)