Ratusan Warga Mengungsi Akibat Tanah Bergerak di Sukamakmur Bogor

Minggu, 14 November 2021 - 22:20 WIB
loading...
Ratusan Warga Mengungsi Akibat Tanah Bergerak di Sukamakmur Bogor
Tanah bergerak di Kecamatan Sukamakmur yang terjadi bertahap sejak 11 November memaksa warga untuk mengungsi. Foto/dok.BPBD Kabupaten Bogor
A A A
BOGOR - Tanah bergerak terjadi di Kampung Cigandel, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Akibatnya ratusan warga mengungsi .

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan peristiwa itu terjadi secara bertahap sejak Kamis (11/11/2021). Hal itu karena intensitas hujan tinggi yang mengguyur dalam beberapa waktu terakhir.

"Kami terima laporan hari Sabtu kemarin, keretakan tanah dari titik awal ke titik akhir sudah sekitar 100 meter. Sampai sekarang masih bergerak," kata Adam dalam keterangannya, Minggu (14/11/2011).



Dari kejadian tersebut sudah terdapat satu rumah warga yang dihuni 2 KK dengan 6 jiwa mengalami kerusakan. Pergerakan tanah yang terjadi membuat belakang rumah itu amblas sekitar 15 sentimeter. "Akses jalan desa ke Kampung Cigadel juga amblas kedalaman 50 sentimeter,” tambah Aris.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalan kejadian ini. Namun, sebanyak 41 rumah warga yang dihuni 49 KK dengan 182 jiwa terpaksa mengungsi karena khawatir pegerakan tanah semakin parah.

"Ada 40 KK yang mengungsi ke SDN Gunung Batu dan sisanya 9 KK mengungsi ke rumah-rumah saudaranya masih di daerah Desa Sukawangi," jelasnya.



Saat ini, BPBD bersama Tagana dan Dinas Sosial Kabupaten Bogor sudah membuka dapur umum untuk kebutuhan makan pengungusi. Tim Reaksin Cepat (TRC) pun masih terus melakukan pemantauan di lokasi karena kondisi belum kondusif.

"Tim beserta warga melaksanakan pemantauan lokasi pergeseran tanah secara bergantian karena struktur tanah masih bergerak dan apabila hujan turun dikhawatirkan bertambah parah," tutup Aris.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2447 seconds (0.1#10.140)