Asal Usul Warung Buncit dari Bun Tjit Pemilik Warung Kelontong Etnis Tionghoa

Minggu, 14 November 2021 - 05:00 WIB
loading...
Asal Usul Warung Buncit dari Bun Tjit Pemilik Warung Kelontong Etnis Tionghoa
Jalan Warung Buncit, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan memiliki sejarah panjang yang tak tergantikan. Ada 3 versi nama jalan itu, salah satunya berasal dari Bun Tjit, pemilik warung kelontong etnis Tionghoa. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anda pasti tahu Jalan Warung Buncit yang berada di Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Ternyata nama Warung Buncit berasal dari Bun Tjit, pemilik warung kelontong etnis Tionghoa .

Dikutip dari buku “Robinhood Betawi: Kisah Betawi Tempo Doeloe” karya Sejarawan dan Wartawan Senior Alwi Shahab, Minggu (14/11/2021), Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi Haji Irwan Sjafi’ie mengatakan, di masa lalu Jalan Warung Buncit menjadi tempat berbaurnya masyarakat Betawi dengan Tionghoa. Mereka hidup berdampingan tanpa mempermasalahkan ras dan agama.
Baca juga: 7 Koleksi Barang Antik Ahmad Dhani, dari Meja Kayu Klasik sampai Ukiran Tulisan Tionghoa

Asal usul nama Jalan Warung Buncit dijelaskan Zaenuddin HM dalam bukunya yang berjudul “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe” di mana Warung Buncit di masa lalu merupakan kawasan pertanian yang mayoritas penduduknya orang Betawi. Sebenarnya nama asli kawasan ini yakni kampung Pulo Kalibata.

Di Pulo Kalibata terdapat sejumlah warung, salah satu yang terkenal adalah warung kelontong milik etnis Tionghoa bernama Bun Tjit yang menjual segala kebutuhan rumah tangga mulai dari pangan, minyak lampu, alat pertanian hingga perkakas pertukangan.

Usaha Bun Tjit berkembang pesat dan populer. Seiring perkembangan itu, kawasan sekitar warung Bun Tjit juga ikut berkembang. Lama kelamaan masyarakat menyebut kawasan itu menjadi Warung Buncit.

Menurut Zaenuddin HM, Bun Tjit menikah dengan perempuan Betawi dan punya dua anak serta beberapa cucu sehingga dari sinilah kerukunan antaretnis Tionghoa dan Betawi saling bergandengan.

Meski demikian, ada versi lain mengenai asal usul nama Jalan Warung Buncit yang beredar di masyarakat. Sumber lain menyebutkan bahwa para pedagang yang beretnis Tionghoa di kawasan tersebut berperut buncit sehingga lama kelamaan jalan itu dikenal sebagai Warung Buncit.

Kemudian, ada satu lagi versi yang menyebut Warung Buncit untuk menunjukkan kawasan yang lokasinya memang berada paling belakang alias buncit.
Baca juga: Mayor Oking Pejuang Penumpas PKI Muso yang Namanya Diabadikan untuk Jalan di Bogor dan Bekasi

Meski ada beberapa versi asal usul nama Jalan Warung Buncit, warga, sejarawan, dan budayawan Betawi tetap ingin memakai nama tersebut, padahal pada tahun 2018 Pemprov DKI Jakarta berencana mengganti nama Jalan Warung Buncit Raya mulai dari perempatan Mampang hingga Jalan TB Simatupang menjadi Jalan Jenderal AH Nasution.

Menurut mereka, kawasan Jalan Warung Buncit Raya memiliki hikayat sejarah yang telah berlangsung ratusan tahun dan sudah menjadi memori kolektif tidak hanya bagi masyarakat Betawi, tetapi orang-orang di luar Betawi.

MG08-Lorenza Ferary
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3373 seconds (0.1#10.140)