Waspada, BMKG Peringatkan Curah Hujan Meningkat di Bulan November dan Desember

Sabtu, 06 November 2021 - 13:39 WIB
loading...
Waspada, BMKG Peringatkan Curah Hujan Meningkat di Bulan November dan Desember
BMKG memperingatkan curah hujan pada November dan Desember 2021 ini jauh lebih meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan curah hujan pada November dan Desember 2021 ini jauh lebih meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk waspada akan ancaman banjir dan bencana lainnya.

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan, tren curah hujan lebih meningkat sejak bulan Oktober di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Di November sejumlah wilayah juga sudah memasuki musimnya sementara wilayah lain transisi musim atau pancaroba. Wilayah yang sudah memasuki musim (penghujan) itu sekitar 20 sampai 30%," ujarnya dalam Talk Show MNC Trijaya FM, Sabtu (6/11/2021).

Menurut dia, semua pihak harus mewaspadai ancaman bencana yang ditimbulkan dari curah hujan yang meningkat diberbagai wilayah.
"Bulan Desember adalah salah satu puncak musim hujan, lebih banyaknya di Januari dan Febuari. Langkah yang dibuat BMKG adalah membuat prediksi cuaca," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)