Ditemukan di Trotoar, Pemprov DKI Evakuasi Batu Penggilingan Berumur Ratusan Tahun

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 12:45 WIB
loading...
Ditemukan di Trotoar, Pemprov DKI Evakuasi Batu Penggilingan Berumur Ratusan Tahun
Petugas pemadam kebakaran DKI Jakarta mengevakuasi Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) Batu Penggilingan Abad ke-18.Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengevakuasi Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) Batu Penggilingan Abad ke-18. Batu Penggilingan yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut ditemukan di trotoar Jalan TB Simatupang, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, ODCB Batu Penggilingan yang ditemukan di trotoar Jalan TB Simatupang ini dievakuasi ke Balai Budaya Condet agar pengawasannya lebih optimal.

"Ini merupakan upaya pelindungan dan penyelamatan agar objek lebih terlindungi, karena selama ini berada di trotoar jalan yang rentan rusak, baik karena cuaca atau tindakan vandalisme," kata Iwan kepada wartawan, Sabtu (30/10/2021).

Iwan menuturkan, selain ditemukan di Jalan TB. Simatupang, ODCB Batu Penggilingan juga ditemukan di Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. "Di sana terdapat lima Batu Penggilingan. Selanjutnya, batu penggilingan akan dikonservasi melalui pembersihan dan dilakukan beberapa perbaikan bagian objek yang mengalami kerusakan," tuturnya.

Iwan menambahkan, pihaknya akan memberikan narasi yang berisi keterangan terkait sejarah Batu Penggilingan.

Sehingga, masyarakat yang datang ke Balai Budaya Condet dapat mengetahui sejarah dan cerita dari batu tersebut. Selain diletakkan di Balai Budaya Condet, saat ini salah satu Batu Penggilingan lainnya juga berada di Museum Sejarah Jakarta.

Perlu diketahui, batu penggilingan merupakan alat pengolah tebu yang diperkirakan digunakan pada abad ke-17-18 Masehi. Dalam tulisan Haan (1935: 323-324), terdapat istilah suikermolen yang berarti pabrik pembuatan gula. Pada abad ke-18, istilah pabrik pembuatan gula ini merujuk pada pabrik gula dengan peralatan tradisional sederhana yang menggunakan batu untuk menggiling tebu.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)