KNKT Akan Buka Black Box Kereta LRT untuk Ungkap Penyebab Tabrakan

Senin, 25 Oktober 2021 - 20:13 WIB
loading...
KNKT Akan Buka Black Box Kereta LRT untuk Ungkap Penyebab Tabrakan
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) turun tangan menyelidiki insiden kereta LRT tabrakan di Munjul, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). Foto: iNews TV
A A A
JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) turun tangan menyelidiki insiden kereta LRT tabrakan di Munjul, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). KNKT akan membuka black box kereta untuk mengungkap penyebab kejadian itu.



"Nanti diinvestigasi. Kecepatannya akan diukur, nanti ketauan, kayak black box. Nanti yang buka KNKT," ujar Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin petang.

Menurut Budi, setelah hasil investigasi rampung, kedua kereta yang tabrakan tersebut akan dikirim kembali ke INKA Madiun. Di sana akan dilakukan perbaikan.

Soal masinis yang menjadi korban, Budi memastikan hanya mengalami luka ringan. Masinis tersebut sudah dibawa ke rumah sakit dalam kondisi sadar.



"Alhamdulillah enggak apa-apa. Hanya luka ringan, masih sadar," ungkapnya.

Dugaan sementara insiden nahas tersebut terjadi akibat masinis terlalu cepat melakukan langsir. Langsir adalah pergerakan rangkaian kereta, gerbong, atau hanya lokomotif untuk beralih jalur rel. Perpindahan jalur diperlukan untuk memisahkan atau merangkaikan kereta atau gerbong.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2658 seconds (0.1#10.140)