KNKT Akan Buka Black Box Kereta LRT untuk Ungkap Penyebab Tabrakan

Senin, 25 Oktober 2021 - 20:13 WIB
KNKT Akan Buka Black Box Kereta LRT untuk Ungkap Penyebab Tabrakan
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) turun tangan menyelidiki insiden kereta LRT tabrakan di Munjul, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). Foto: iNews TV
A A A
JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) turun tangan menyelidiki insiden kereta LRT tabrakan di Munjul, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). KNKT akan membuka black box kereta untuk mengungkap penyebab kejadian itu.

Baca juga: Ini Spesifikasi Kereta LRT yang Tabrakan di Cibubur, Bisa Mengangkut 1.480 Penumpang

"Nanti diinvestigasi. Kecepatannya akan diukur, nanti ketauan, kayak black box. Nanti yang buka KNKT," ujar Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin petang.

Menurut Budi, setelah hasil investigasi rampung, kedua kereta yang tabrakan tersebut akan dikirim kembali ke INKA Madiun. Di sana akan dilakukan perbaikan.



Soal masinis yang menjadi korban, Budi memastikan hanya mengalami luka ringan. Masinis tersebut sudah dibawa ke rumah sakit dalam kondisi sadar.

Baca juga: Baru Diuji Coba, 2 Kereta LRT Seharga Rp250 Miliar Rusak

"Alhamdulillah enggak apa-apa. Hanya luka ringan, masih sadar," ungkapnya.

Dugaan sementara insiden nahas tersebut terjadi akibat masinis terlalu cepat melakukan langsir. Langsir adalah pergerakan rangkaian kereta, gerbong, atau hanya lokomotif untuk beralih jalur rel. Perpindahan jalur diperlukan untuk memisahkan atau merangkaikan kereta atau gerbong.
(thm)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2459 seconds (11.210#12.26)