Peringati Hari Santri 2021, Fatayat NU Tangerang Gelar Sunatan Massal dan Santuan

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 14:44 WIB
loading...
Peringati Hari Santri 2021, Fatayat NU Tangerang Gelar Sunatan Massal dan Santuan
Fatayat Nahdlatul Ulama Kota Tangerang menggelar khitanan massal gratis dan santunan di di Pondok Pesantren Al-Fatihah, Cipondoh, Sabtu (16/10/2021). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tangerang menggelar khitanan massal gratis dan santunan. Acara ini dilakukan sebagai peringatan Hari Santri Nasional 2021 .

Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Kota Tangerang Nony Menawati menjelaskan, acara ini bertajuk 'Meraih Kesalihan Sosial yang Mandiri, Peduli dan Senang Berbagi', yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Fatihah, Cipondoh, Sabtu (16/10/2021). Santunan dan khitanan massal sebagai bentuk pengabdian Fatayat NU kepada masyarakat.

"Tanggung jawab manusia untuk melakukan pengabdian itu ada tiga komponen. Hablum Minallah, Hablum Minannas dan Hablum Minal 'alam. Dan yang dilakukan Fatayat NU Kota Tangerang hari ini adalah sebagai bentuk kesalehan sosial," kata Nony dalam keterangannya.

Nony mengatakan, acara yang digelar mendapat antusiasme dari masyarakat. Meski kuota sudah penuh atau sebanyak 50 orang, kata dia, bahkan sampai hari ini masih ada yang datang minta untuk dikhitan walaupun belum mendaftar.

Selain khitanan massal, kata dia, Fatayat NU Kota Tangerang juga memberikan santunan kepada puluhan santri dhu'afa Pondok Pesantren Al-Fatihah dan masyarakat sekitar lokasi acara sunatan ini.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Tangerang KH Dedi Mahfudin mengatakan, khitanan massal ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional keluarga besar NU se-Kota Tangerang yang selalu diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

"PCNU Kota Tangerang sekali lagi memberikan apresiasi kepada Fatayat yang sudah melakukan khitanan massal ini, serta berharap Fatayat tetap bersemangat dalam melakukan program-program kerjanya dan bisa bersinergi dengan KBNU (Keluarga Besar Nahdlatul Ulama ) dan juga pihak-pihak lain," tutur Kiai Dedi.

Acara ini juga, kata dia, bertujuan untuk meringankan keluarga yang kurang mampu. "Khitanan massal ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk membantu keluarga kurang beruntung secara ekonomi untuk mengkhitankan anaknya," ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Fatihah KH Abdul Rasyid mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Cabang Fatayat NU Kota Tangerang. Kiai Abdul Rasyid berharap, kegiatan ini membawa manfaat, keberkahan kepada semua, dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyediaan tempat, mohon dimaklumi.

"Mari kita do'akan untuk yang akan dikhitan menjadi anak yang spleh dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT," doa Kiai Abdul Rasyid.

Kiai menyampaikan, khitan adalah langkah awal sebagai anak lelaki untuk menuju jenjang baligh, salah satu kewajiban sebagai seorang muslim yang sudah kena hukum wajib melaksanakan semua perintah agama.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Cipondoh Khotibul Imam memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kegiatan khitanan massal ini. Sebuah kegiatan yang konkret bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

Namun, Khotibul Imam mengingatkan dalam setiap kegiatan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Bagi warga yang belum divaksin, segera datangi gerai vaksin yang ada di kelurahan masing-masing.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)