Terima Pengurus Masika ICMI, Anies: Cendekiawan Harus Bicara Keadilan Sosial

Kamis, 30 September 2021 - 14:50 WIB
loading...
Terima Pengurus Masika ICMI, Anies: Cendekiawan Harus Bicara Keadilan Sosial
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima pengurus Masika ICMI di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (30/9/2021). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap para cendekiawan berbicara tentang isu aktual di tengah masyarakat, salah satunya tentang keadilan sosial.

Menurut dia, cendekiawan tidak berbicara banyak soal keadilan sosial sehingga peran itu diambil alih para kiai di kampung. Karena itu, Anies meminta Pengurus Masika ICMI untuk peduli dengan isu-isu keadilan sosial. Apalagi Masika sebagai lembaga pemikir atau think thank ICMI harus lebih berperan dengan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.
Baca juga: Berkunjung ke Rumah Duka, Anies: Sabam Sirait Miliki Semangat Juang Tinggi

Anies yang juga anggota Majelis Pembina Masika ICMI ini mengungkapkan, tantangan cendekiawan dalam berkomunikasi atau menyampaikan gagasan saat ini berbeda. Jika sebelumnya cendekiawan biasanya identik dengan tulisan yang panjang dalam menuangkan pemikirannya maka kini harus berubah. “Anak-anak milenial saat ini lebih tertarik dengan pesan-pesan pendek dalam bentuk audio visual,” ujar Anies, Kamis (30/9/2021).

Karena itu, mantan Mendikbud ini mengusulkan agar program-program Masika ICMI disesuaikan yang relevan dengan kondisi saat ini.
Baca juga: Anies ke Anak Kereta: Selamat Menikmati Wajah Baru Stasiun Tebet dan Palmerah, Manggarai-Gondangdia Menyusul

Ketua Umum Masika ICMI Ismail Rumadan menambahkan telah menyusun rencana program yang sejalan dengan harapan Anies. Program-program berbasis digital yang menjangkau generasi milenial tanpa melupakan jati diri sebagai cendekiawan. Ismail terpilih sebagai Ketua Umum Masika ICMI dalam Pertemuan Nasional IX Masika ICMI di Bandung 21-22 Agustus 2021.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)